Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Irman Tolak Pembubaran DPD RI

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) , Irman Gusman menolak wacana pembubaran dibubarkannya DPD.Wacana pembubaran DPD itu sendiri disampaikan Ketua PKB, Muhaimin Iskandar.

Menurut Muhaimin, salah satu agenda Mukernas PKB yang akan berlangsung di Jakarta, pada 5-6 Februari 2016 , adalah mengevaluasi keberadaan DPD , bahkan mengusulkan pembubaran, kalau memang tidak bisa berfungsi secara maksimal.

“Tentu, kami menolak pembubaran DPD RI ini. DPD RI sebagai hasil perjuangan reformasi yang menghendaki terwujudnya keseimbangan dua kamar (DPR dan DPD RI) untuk terwujudnya check and balance. Tapi,kalau evaluasi kita dukung berbarengan dengan pengkajian program pembangunan seperti Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) melalui amandemen UUD NRI 1945 nanti,” tegas Irman Gusman pada wartawan di Gedung DPD/MPR RI Jakarta, Kamis (4/2/2016).

 Irman menambahkan , apa yang disampaikan oleh Muhaimin itu justru untuk penguatan DPD RI. Di mana penguatan itu dilakukan melalui amandemen UUD NRI 1945.

"Hanya saja kita mendorong terbentuknya GBHN terlebih dahulu sebelum penguatan DPD RI. Memang  dalam rapat konsultasi dengan lembaga tinggi negara selama ini belum pernah disinggung, karena fokus pada GBHN," ujarnya.

Sejauh itu, kata Irman Gusman, DPD RI terus melakukan komunikasi dengan berbagai partai politik, MPR, DPR RI dan lain-lain untuk penguatan DPD RI tersebut.

Meski, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menetapkan fungsi DPD RI untuk terlibat dalam pembahasan RUU, anggaran dan pengawasan bersama DPR RI, tapi belum sampai pada tingkat bisa ikut memutuskan.

“Jadi, kita dukung DPD diperkuat dan bukan dibubarkan,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: