Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Triwulan IV-2015, Industri Manufaktur Babel Naik 2,53%

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalpinang - Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan IV (Oktober-Desember) 2015 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik sebesar 2,53 persen terhadap triwulan III/2015.

"Kenaikan itu disebabkan oleh naiknya seluruh kelompok industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan tersebut," kata Kepala Badan Pusat Statistik Babel, Darwis Sitorus di Pangkalpinang, Sabtu (6/2/2016).

Ia menjelaskan, industri logam naik sebesar 4,72 persen, industri makanan 2,71 persen dan industri karet, barang-barang dari karet dan plastik naik sebesar 2,24 persen.

"Secara nasional pada triwulan IV/2015 pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang juga mengalami kenaikan sebesar 1,69 persen terhadap triwulan III/2015," ujarnya.

Ia mengatakan, pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil (IMK) triwulan IV/2015 di Babel naik sebesar 2,49 persen terhadap triwulan III/2015.

"Peningkatan itu diakibatkan oleh naiknya industri pakaian jadi sebesar 7,32 persen, industri makanan sebesar 3,36 persen. Kenaikan itu juga terjadi pada skala nasional dimana IMK pada triwulan IV/2015 meningkat sebesar 1,35 persen dari triwulan III/2015," ujarnya.

Ia menjelaskan, sektor industri mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional maupun regional. Nilai tambah yang dihasilkan dari sektor tersebut mempunyai kontribusi yang besar terhadap naik turunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Sumber data yang digunakan dalam melihat kinerja IMK adalah hasil survei industri mikro dan kecil yang dilakukan seara rutin setiap triwulan pada beberapa perusahaan IMK di Babel," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: