Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.272 Hektare Sawah di Karawang Gagal Panen

Warta Ekonomi -

WE Online, Karawang - Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan areal sawah seluas 1.272 hektare di daerah tersebut mengalami gagal panen akibat musim kemarau yang terjadi sepanjang 2015.

"Gagal panen itu terjadi akibat terbatasnya ketersediaan air selama musim kemarau tahun lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan setempat Kadarisman, saat dihubungi di Karawang, Minggu (7/2/2016).

Ia mengatakan, musim tanam mengalami keterlambatan selama beberapa pekan, karena ketersediaan air di saluran irigasi terbatas sepanjang tahun 2015.

Prakiraan pergantian musim, yakni dari musim kemarau ke musim hujan pada November 2015 tidak terjadi. Sehingga para petani kesulitan untuk mengelola sawahnya.

"Pengaruh keterbatasan air sepanjang tahun 2015 cukup berpengaruh. Terbukti, banyak petani yang mengalami gagal panen," kata dia.

Menurut dia, terjadinya keterbatasan air tersebut semata-mata tidak hanya akibat kemarau panjang. Tetapi juga akibat banyaknya saluran irigasi yang mengalami kerusakan.

Ia mengaku sudah menyampaikan permasalahan rusaknya saluran irigasi ke organisasi perangkat daerah terkait di lingkungan pemerintah daerah setempat. (A)nt)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: