Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tinggi Gelombang Karimata Capai Lima Meter

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan tinggi gelombang di perairan Selat Karimata mencapai lima meter berlaku mulai Senin (8/2/2016).

"Kami mengimbau kepada nelayan dan kapal yang hendak berlayar agar meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang tersebut dapat membahayakan keselamatan jiwa," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Tri Yulianto di Pangkalpinang, Minggu (7/2/2016).

Selanjutnya, kata dia, tinggi gelombang yang sama juga berpotensi terjadi di perairan Selat Gelasa dan Utara Bangka, sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Bangka dan Selat Bangka masing-masing berkisar dua meter dan 1,5 meter.

"Ketinggian gelombang tersebut dipicu oleh kecepatan angin yang berhembus dengan keccepatan 12 hingga 46 kilometer per jam dengan arah angin dari Barat Laut ke Timur Laut," ujarnya.

Ia mengatakan, pasang air laut di Membalong, Kabupaten Belitung berkisar 2,32 meter, di Sungailiat, Kabupaten Bangka 2,44 meter, di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan 1,98 meter.

Kemudian di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur 1,85 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,58 meter, di Belinyu, Kabupaten Bangka 1,75 meter dan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat 2,01 meter.

Ia mengatakan, seluruh daratan di Babel berpotensi hujan dari intensitas ringan hingga sedang.

Daratan yang berpotensi hujan ringan yaitu, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, sedangkan Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang berpotensi hujan dengan intensitas sedang. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: