Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kebanyakan Pengendara Ditilang Tidak Punya SIM

Warta Ekonomi -

WE Online, Karimun, Kepri - Kebanyakan pengendara sepeda motor yang terjaring razia di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, ditilang karena tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karimun, AKP Putu Bayu Pati.

"Dalam razia selama dua hari, Jumat dan Sabtu (5-6/2/2016), kami memberikan surat tilang (bukti pelanggaran) untuk 45 pengendara roda dua dan dua pengendara roda empat. Rata-rata pelanggarannya tidak membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Minggu (7/2/2016).

Razia selama dua hari dilakukan di Jalan A Yani, persis di depan Mapolres Karimun dan di depan Gedung Perpustakaan Karimun.

Razia digelar lebih intensif untuk menekan pelanggaran yang sering berujung pada kecelakaan bagi pengguna jalan.

"Beberapa kecelakaan yang memakan korban beberapa waktu lalu, berawal dari pelanggaran. Seperti kendaraan tidak dilengkapi surat-surat, tidak memakai helm, tidak ada spion dan lainnya," kata dia.

Ia mengingatkan kepada warga agar tidak mengizinkan anak untuk mengendarai sepeda motor. Anak yang masih sekolah, kata dia, belum memiliki SIM dan cenderung ngebut-ngebutan di jalan raya.

"Anak remaja emosionalnya tidak sama dengan orang dewasa. Mereka cenderung mengabaikan keselamatan diri dan pengendara lain," kata dia.

Ia mengimbau kepada pengguna jalan agar melengkapi kendaraannya dengan surat-surat.

"Patuhi peraturan berlalulintas. Sayangi nyawa anda dengan berkendara secara santun dan menghormati pengendara lain," kata dia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: