Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penumpang Kapal Karimun Tujuan Riau Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Karimun, Kepri - Penumpang kapal reguler dari pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, tujuan Selatpanjang, Bengkalis dan Dumai Riau, meningkat menjelang Hari Raya Imlek 2567/2016.

 

"Terjadi lonjakan penumpang, namun tidak dilakukan penambahan kapal karena masih bisa diangkut dengan kapal reguler," kata Ketua Asosiasi Pemilik Kapal Nasional (INSA) Kabupaten Karimun Bustami Datuk Raja Marah di Tanjung Balai Karimun, Minggu (7/2/2016).

Bustami tanpa menyebut angka mengatakan, lonjakan penumpang paling banyak terjadi pada kapal reguler jurusan Riau daratan, yaitu Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Dumai. Sedangkan jumlah penumpang tujuan Batam dan Tanjungpinang relatif normal.

Puncak arus mudik Imlek, menurut dia, terjadi Sabtu (6/2/2016) karena warga Tionghoa diperkirakan ingin lebih awal tiba di kampung halaman.

Kepadatan penumpang jelang Imlek, kata dia lagi, memang tidak seperti libur Lebaran atau Natal. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan persiapan untuk memastikan semua penumpang dapat pulang mudik merayakan Imlek di kampung halaman.

Dia memperkirakan, kebanyakan warga Tionghoa di Karimun merupakan perantau dari Selatpanjang atau Bengkalis.

Sementara, penumpang kapal di pelabuhan internasional yang berdampingan dengan pelabuhan domestik, baik tujuan Kukup Malaysia maupuan Singapura, menurut Bustami relatif normal.

"Bahkan hari ini, kapal tujuan Kukup, Malaysia tidak beroperasi. Untuk tujuan Singapura masih tetap beroperasi dan tidak ada penambahan jadwal keberangkatan," ucapnya.

Kepala Seksi Penjagaan dan Keselamatan (Gamat) Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun Khairul menjelaskan, seluruh kapal yang dioperasikan sudah dipastikan kelaiklautannya.

"Namun kami tetap waspada soal cuaca yang cukup ekstrem di laut. Kami belum menunda pelayaran namun nakhoda kami minta tetap waspada," ujarnya.

Pada Sabtu sampai Minggu (6-7/2/2016), aktivitas pelayaran kapal-kapal reguler berlangsung dengan baik di tengah kondisi angin di tengah laut yang lebih kencang dibandingkan sebelumnya.

Pantauan pada Minggu, aktivitas naik turun penumpang di pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun relatif lancar. Kepadatan calon penumpang di ruang tunggu terjadi sejak pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB yang didominasi tujuan Riau daratan.

Petugas pelabuhan memperketat keluar masuk orang di ruang tunggu keberangkatan. Petugas hanya mengizinkan orang untuk masuk area pelabuhan jika memiliki tiket dan pas masuk pelabuhan. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: