Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo Apresiasi Inovasi XL Dukung Sektor Kelautan

Warta Ekonomi -

WE Online, Mataram - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengapresiasi inovasi PT XL Axiata yang melahirkan aplikasi digital "mFish" yang mampu mendukung kemajuan sektor kelautan dan perikanan.

Menkominfo Rudiantara, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (8/2/2016), mengatakan, aplikasi digital "mFish" memberi bukti bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyatakat kecil di pelosok daerah sekalipun, yang pada ujungnya juga akan ikut memajukan perekonomian rakyat.

"Seperti itulah visi pemerintah yang memang hendak menggerakkan industri digital nasional untuk bersama mendukung percepatan pembangunan," katanya.

Menkominfo Rudiantara, berada di NTB, dalam rangka menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016, yang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, pada 9 Februari 2016. Kegiatan tersebut direncanakan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Melihat manfaat aplikasi digital "mFish", Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan ikut mendukung pengembangan teknologi tersebut dengan menyediakan berbagai bantuan 100 ribu paket perangkat keras "mFish" pada 2016, seperti telepon seluler pintar, pengisi baterai telepon seluler tenaga surya.

Dukungan lain berupa penyediaan 3.000 tenaga pendamping bagi nelayan, serta dukungan bagi pengembangan infrastruktur jaringan ke lokasi penerapan "mFish".

Regional Sales Manager XL NTB Agus Setiawan Salim, mengatakan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan "Desa Broadband Terpadu" di berbagai penjuru tanah air, aplikasi "mFish" dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di Kelurahan Pondok Perasi, Kota Mataram.

"Nelayan di daerah itu yang sudah merasakan manfaatnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, aplikasi "mFish" sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut.

Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang.

"Selebihnya, 'mFish' juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar dan juga pelestarian lingkungan," kata Agus.

Dalam mengembangkan mFish, kata dia, XL sekaligus juga memanfaatkan potensi industri dalam negeri.

Untuk penyediaan telepon seluler pintar bagi para nelayan misalnya, XL menggunakan produk dalam negeri. Demikian juga untuk penyediaan data terkait cuaca, XL juga memanfaatkan data-data dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwewenang dalam masalah perikanan laut.

"Selain Lombok dan Bali, tahun ini juga kami sudah menyiapkan sejumlah lokasi penerapan baru di beberapa desa nelayan di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kami berharap akan bisa memberikan manfaat bagi lebih dari 23 ribu nelayan di Indonesia," ucap Agus. (Ant)

 

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: