Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bupati Polewali Mandar Tinjau Harga Sembako

Warta Ekonomi -

WE Online, Polman, Sulbar - Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, ikut meninjau langsung perkembangan harga sembilan bahan pokok atau Sembako di sejumlah pasar tradisional di salah satu wilayah di Provinsi Sulawesi Barat itu.

"Kami turun langsung ke pasar-pasar untuk melihat perkembangan harga sembako. Ini dilakukan lantaran ada informasi bahwa harga sembako melambung tinggi di sejumlah pasar di daerah ini," katanya saat inspeksi mendadak di Pasar Pekkabata Polewali Mandar (Polman), Minggu (7/2/2016).

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar melakukan kunjungan ke sejumlah pasar, seperti Pasar Central Pekkabata dan Pasar Wonomulyo, didampingi sejumlah Kepala SKPD terkait.

Hasil kunjungan yang dilakukan, Ibrahim menilai kenaikan harga sembako yang terjadi di sejumlah pasar saat ini tidak terlalu signifikan. Tetapi, hal itu tetap harus dipantau agar situasi harga kembali normal.

"Kenaikannya masih normal. Yang naik harganya itu cuma barang dari perusahaan besar seperi perusahaan rokok. Bahan pokok lainnya selain beras masih dalam tataran normal," tuturnya.

Meski demikian, bahan pokok seperti beras memang ada kenaikan. Tetapi, kenaikan itu mengikuti dari kualitasnya. Kenaikannya pun hanya sekitar Rp500 hingga Rp 2.000 per kilogram.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan, Pemkab telah melakukan pemantauan dan operasi pasar guna menekan dan menstabilkan harga yang diberikan pedagang kepada konsumen agar tidak terlalu membebani masyarakat.

Jika setelah operasi pasar tersebut harganya masih mengalami kenaikan, maka jalan terakhir adalah Pemkab akan meminta Bulog turun melakukan operasi pasar besar-besaran agar situasi harga kembali normal.

Sebelumnya, anggota DPRD Polman, Abu Bakar Kadir mengatakan kenaikan harga yang terjadi di pasar-pasar menjadi pertanyaan. Kenaikan itu bahkan mestinya mendapat perhatian serius dari Pemda dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Koperasi.

"Disperindag harus turun tangan melihat kondisi ini. Jangan biarkan harga sembako di pasar tak bisa dikendalikan," tuturnya.

Bahkan, Abubakar meminta Disperindag membuat regulasi harga di pasar, agar pedagang tidak semaunya menaikkan harga. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: