Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terlibat Pencucian Uang, Maple Bank Ditutup di Jerman

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pihak berwenang Jerman telah menutup Maple Bank, anak perusahaan Bank Kanada milik Jerman, demikian kata laporan BBC yang dikutip di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Bafin, pengawas keuangan Jerman, mengatakan Maple harus menyisihkan dana untuk menutupi pajak yang belum dibayar. Hal itu dapat mengancam posisi keuangan.

Maple Bank Jerman menarik perhatian publik pada tahun 2008 ketika membantu Porsche dalam upayanya untuk pengambilalihan Volkswagen. Namun upaya itu gagal dan pada tahun 2009 Volkswagen justru mengambil alih produsen mobil sport tersebut.

Pada bulan September jaksa Jerman memeriksa kantor Maple Bank dalam penyelidikan penggelapan pajak dan pencucian uang. Pada saat itu dilaporkan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki tuduhan bahwa staf bank telah secara ilegal mengklaim kembali pajak senilai lebih dari € 100 juta (US$ 110 juta; £ 76 juta).

Maple Financial Group adalah sebuah bank investasi. Bafin mengatakan bahwa Bank Unit Jerman tersebut telah dilarang melakukan pembayaran yang tidak terkait dengan pembayaran utang. Bank ini memiliki €5 miliar dalam aset, menurut Bafin. Sementara, menurut regulator, dipastikan aksi penutupan Maple Bank tidak akan menimbulkan ancaman bagi stabilitas keuangan di Jerman.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait