Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Papua Dorong Produksi Kopi

Warta Ekonomi -

WE Online,  Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong peningkatkan produksi kopi di wilayah setempat dengan perluasan areal penanaman dan intensifikasi serta rehabilitasi lahan.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua Jhon Nahumury di Jayapura, Selasa (9/2/2016), mengatakan pihaknya menargetkan tahun ini dibangun pabrik kopi di wilayah Lapago, yakni di Kabupaten Jayawijaya dan wilayah Mepago, tepatnya di Kabupaten Dogiyai.

"Di mana untuk pabrik kopi di Kabupaten Dogiyai rencananya berskala kecil atau hanya berupa industri rumah tangga," katanya.

Jhon menjelaskan setelah pembangunan pabrik kopi di Dogiyai, maka selanjutnya target mendirikan bangunan yang sama di wilayah Lapago Jayawijaya.

"Perluasan areal perkebunan kopi, tidak hanya fokus di kabupaten di mana pabrik itu didirikan, tetapi juga akan didorong di kabupaten lainnnya yang masuk dalam wilayah Lapago maupun Mepago," ujarnya.

Dia menuturkan dukungan bahan baku dari daerah di sekitar Lapago juga Mepago dibutuhkan.

Untuk itu, katanya, pemerintah kabupaten harus mendukung program perluasan areal penanaman di wilayah tersebut.

"Selama ini berbagai program yang dilaksanakan bersumber dari dana APBN dan APBD Provinsi Papua, oleh sebab itu diharapkan pemerintah kabupaten juga menganggarkan dalam APBD-nya terkait program ini," katanya.

Dia mengatakan dengan perluasan areal, peningkatan intensifikasi dan rehabilitasi yang dilakukan, bisa meningkatkan produksi dengan kualitas yang bagus dengan harga yang sesuai.

"Di mana tentunya sudah bisa memenuhi permintaan pasar," katanya. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: