Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Laut Jawa

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Tanjung Perak Surabaya mengingatkan nelayan dan perusahaan pelayaran agar berhati-hati karena ada peluang terjadi gelombang tinggi di Laut Jawa pada 10-12 Fabruari 2016.

"Tidak ada gangguan siklon, tapi karena pola angin konvergensi di atas perairan Laut Jawa sehingga angin cukup kencang dan gelombang tinggi. Karena itu, nelayan maupun pelayaran harus berhati-hati dalam beraktivitas," kata Staf Informasi dan Data BMKG Maritim Eko Prasetyo di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/2/2016).

Menurut dia, tinggi gelombang perairan Laut Jawa pada 10-12 Februari diperkirakan mencapai 2,0 - 3,5 meter dan kecepatan angin berkisar 45-55 kilometer per jam.

Sementara itu, di perairan Samudera Hindia gelombang diperkirakan lebih tinggi yakni mencapai 2,0 - 5,0 meter dan kecepatan angin antara 55 - 65 kilometer per jam.

"Arah angin di Laut Jawa maupun di Samudera Hindia dari barat dan barat laut," kata Eko menambahkan.

Angin kencang dan hujan lebat juga berpeluang di daratan. Kecepatan angin di daratan berkisar 35-45 kilometer per jam. Kendati lebih rendah dari kecepatan angin di perairan tapi tetap bisa memicu bencana.

Menyinggung banjir di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, ia menjelaskan bahwa saat ini merupakan puncak musim hujan sehingga intensitas hujan tinggi dan bisa berdampak terhadap banjir.

"Masyarakat harus menjaga saluran air agar bersih dari sampah yang dapat menyebabkan banjir," katanya.

Selain itu, masyarakat, utamanya di kawasan pesisir, harus tahu waktu terjadi pasang maksimum air laut agar bisa melakukan langkah antisipatif jika terjadi air laut naik ke daratan. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: