Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BEI: Empat Perusahaan Masuk Daftar IPO

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak empat perusahaan masuk dalam daftar proses pelepasan sebagian saham atau penawaran umum perdana saham (IPO).

"Ada empat perusahaan yang masuk dalam 'pipeline' IPO di BEI," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Ia mengharapkan bahwa optimisme pasar terhadap ekonomi nasional pada 2016 ini yang mulai membaik akan meningkatkan ekspansi sejumlah perusahaan domestik, diharapkan perusahaan-perusahaan nasional memanfaatkan pasar modal untuk meraih dana ekspansi.

"Perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal dengan melepas sebagian sahamnya, atau menerbitkan surat utang (obligasi)," katanya.

Dalam "pipeline" BEI tercatat, sebanyak empat perusahaan berencana IPO, tiga perusahaan akan menerbitkan obligasi, tujuh emiten berencana melakukan penerbitan saham terbatas (right issue), sebanyak 21 emiten melakukan "right issue" dengan mekanisme tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (non-HMETD), dan 20 emiten akan menerbitkan waran.

Samsul Hidayat menambahkan bahwa pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di sepanjang tahun ini yang membukukan kinerja positif juga diharapkan memicu perusahaan-perusahaan di dalam negeri masuk pasar modal.

Per 5 Februari 2016 tercatat, IHSG BEI telah meningkat sebesar 4,48 persen menjadi 4.798,94. Peningkatan indeks BEI itu merupakan yang tertinggi di seluruh dunia dibandingkan indeks bursa-bursa di negara lain.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk masuk ke pasar modal sehingga dapat meraih dana jangka panjang dalam rangka pengembangan usaha.

"BEI akan memfasilitasi dana jangka panjang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia salah satunya melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO). Hal itu dilakukan karena anggota Kadin masih menganggap mencari dana di pasar modal susah dan berbelit-belit. Itu karena belum paham," Ia mengemukakan bahwa beberapa inovasi telah disiapkan untuk mendorong anggota Kadin bisa melantai di bursa. BEI bersama Kadin akan melakukan "coaching clinic" dan membuat pusat inkubasi bagi perusahaan agar siap masuk pasar modal. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: