Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

JK Kumpulkan Menteri Bahas Kemitraan Trans Pasifik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memanggil sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan lembaga terkait untuk membicarakan tentang persiapan Indonesia masuk dalam Kemitraan Trans Pasifik (Trans Pasific Partnership/TPP).

"Tadi bicarakan tentang teknis perencanaan, strategi perundingan dan juga perekonomian secara umum," Menteri Perdagangan Thomas Lembong di kantor Wapres di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Dalam pertemuan tersebut hadir Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

Selain itu juga dibicarakan tentang kesepakatan dagang dengan Uni Eropa. Untuk kesepakatan ini tim dari Kementerian Perdagangan sudah duduk beberapa kali dengan tim perundingan dari Uni Eropa.

"Presiden dalam sidang kabinet tahun lalu memutuskan kesepakatan dagang dengan Uni Eropa harus tuntas dalam dua tahun. Harapan kami tahap pertama bisa segera tuntas," ujar Mendag.

Dia mengatakan, karena ditargetkan tuntas dalam dua tahun yaitu pada 2017, maka kesepakatan dagang Uni Eropa menjadi fokus utama pemerintah saat ini.

"Di samping itu, kami harapkan beberapa trade agreement yang lebih kecil tapi juga kami lihat potensinya sangat baik kesannya bilateral dengan Australia," katanya.

Australia yang merupakan negara tetangga memiliki daya beli tinggi, kaya modal, serta erat hubungan sosial dengan Indonesia melalui studi seharusnya bisa lebih banyak investasi ke Indonesia "Jadi pada tahun ini mungkin itu bisa jadi suatu prioritas, Australia, ada satu juga dengan empat negara Eropa yang non-Uni Eropa," tambah dia.

Untuk TPP, menurut Thomas, Menko Perekonomian sedang menyiapkan surat keputusan untuk membentuk tim kajian untuk menghitung biaya dari kesepakatan tersebut. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: