Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hashim Djojohadikusumo Berminat Investasi di Balikpapan

Warta Ekonomi -

WE Online, Balikpapan - Pengusaha nasional Hashim Djojohadikusumo yang juga adik Prabowo Subianto berminat melakukan investasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan ketertarikan perusaha Hashim untuk melakukan investasi di sektor air bersih di Balikapan. Ia mengatakan air bersih akan disuplai dari Itci Kenanga yang berlokasi di Kabupaten PPU atau 34 km dari pusat kota Balikpapan. Ia menegaskan dirinya telah bertemu dengan Hashim untuk membahas sejumlah investasi.

"Jadi, ada tiga hal disampaikan mau suplai air, beli tinja, dan kompos kita. Nanti disiapkan ponton untuk menampung tinja warga Balikpapaan untuk pupuk di sana," sebutnya di Balikpapan, Selasa (9/2/2016).

Menurutnya, perusahaan Hashim di Itci memiliki air bersih yang sangat besar dan mampu memproduksi 1.000 liter/detik.

"Dia akan membangun investasi dengan membuat pipanisasi sepanjang 35 km di bawah laut untuk mendistribusikan air bersih ke Balikpapan. Di sana meraka punya pasokan air besar sekali. Jadi produksi air bersih," jelasnya.

Terkait pembelian kompos dan tinja masyarakat Balikpapan, ia menjelaskan hal tersebut akan dimanfaatkan untuk pupuk perkebunanan dan industri Itci Kenanga.

"Kalau tinja dia siapkan tongkang besar untuk angkut tinja lokasi industri mereka," ucapnya.

Kebutuhan pupuk itu, tambah Rizal, untuk mendukung berbagai agro industri yang dikembangkan Itci Kenanga. "Ada berbagai industri di sana. Salah satunya beliau butuh pupuk karena ada pertanian di sana singkong, tanaman, dan macam-macam yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat Balikpapan," katanya.

Perlu diketahui, warga Balikpapan saat ini masih bergantung pada Waduk Manggar terkait pemenuhan air minum. Untuk itu, pemerintah kota sedang melakukan percepatan pembangunan dan pembebasan lahan untuk Waduk Teritip.

"Progres pembangunan waduk di wilayah Balikpapan Timur ini telah mencapai 60 persen dan nantinya bisa mengalirkan air sebanyak 260 liter per detik. Sesuai target rencana penggenangan Waduk Teritip dilakukan tahun 2016 ini. Selain itu juga akan dilakukan pembangunan Waduk Sungai Wain dengan kapasitas 130 liter per detik," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Aliev
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: