Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK-Pemprov Sulsel Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Kantor Regional VI Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Maluku Papua dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

"TPAKD ini menjadi forum koordinasi dan kerja sama antarseluruh elemen di daerah untuk mencari terobosan guna membuka dan mempercepat akses keuangan yang lebih efektif," kata Kepala Regional VI OJK Sulawesi Maluku Papua Bambang Kiswono sebelum menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Sulsel terkait pembentukan TPAKD di Makassar, Rabu (10/2/2016).

Ia menyebutkan pembentukan TPAKD juga untuk mendorong pemanfaatan sumber dana yang ada untuk mendukung kegiatan yang produktif di daerah.

Menurut Bambang, pihaknya telah berupaya mendorong perluasan akses jasa keuangan di daerah melalui berbagai program di antaranya melalui Program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif).

"Di Sulsel, telah terdapat sekitar 1.600 agen Laku Pandai, dengan 8.604 nasabah," ujarnya.

Ke depan, pihaknya juga akan terus berupaya meningkatkan jumlah agen dan jangkauan program Laku Pandai itu.

"Dengan lebih terbukanya akses keuangan bagi masyarakat di daerah maka diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih merata, lebih partisipatif dan lebih inklusif," katanya.

Sementara itu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembentukan TPAKD diharapkan dapat meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pembentukan tim percepatan ini adalah yang pertama di Indonesia," akunya.

Menurut Syahrul, pihaknya juga akan meminta sektor jasa keuangan baik perbankan maupun nonperbankan untuk dapat membuka akses kepada masyarakat hingga ke desa-desa. "Ini yang akan kita dorong bersama OJK dan Muspida," katanya. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: