Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kota Balikpapan Ciptakan Rekor Makan Buah Naga secara Massal

Warta Ekonomi -

WE Online, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan mencipatkan rekor memakan buah naga secara massal sebanyak 5.119 buah. Penciptaan rekor itu dilakukan pada upacara HUT ke-119 Kota Balikpapan pada hari ini, Rabu (10/2/2016), di lapangan Merdeka, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pemecahan rekor yang dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Lepreid) ini menghabiskan sekitar 1,5 ton buah naga.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni penghargaan buah naga dan penghargaan kepada Kota Balikpapan sebagai kota yang paling banyak menerima penghargaan baik secara provinsi, nasional, maupun internasional.

"Pertama untuk peraih penghargaan tingkat kota mendapat 128 penghargaan yang menjadikan Balikpapan terbanyak meraih penghargaan di Indonesia," terang Direktur Lepreid Paulus Pangka di Balikpapan, Rabu (10/2/2016).

Penghargaan itu diraih selama lima tahun kepemimpinan Rizal-Heru. Pada tahun 2015 Pemkot Balikpapan meraih 48 penghargaan baik nasional maupun provinsi dan internasional.

"Penghargaan kedua diberikan untuk rekor makan buah naga sebanyak 5.119 buah. Ini juga dalam rangka ketahanan pangan nasional dan mengubah alam Kalimantan, terutama Balikpapan, dari lahan kosong jadi areal tanaman buah-buahan. Salah satunya adalah buah naga yang cocok dengan kontur Balikpapan," jelasnya.

Walikota Rizal Effendi berharap bahwa melalui pencatatan ini harga buah naga bisa kembali ke posisi normal. Perlu diketahui, buah naga asal Balikpapan memiliki rasa yang berbeda apabila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

"Buah naga manis rasa dan berbeda dengan buah naga dari daerah lain. Kita berharap harga buah naga kembali normal biar petani senang," ucapnya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh sekumpulan orang yang mengenakan kostum buah naga dan diusung replika buah naga dengan diameter 2,5 meter karya Dinas Pertanian dan Asisten III Pemkot Balikpapan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Aliev
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: