Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lebak Berikan Kemudahan Perizinan Tarik Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Lebak - Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, memberikan kemudahan proses perizinan untuk menarik investasi sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan tenaga lokal di daerah itu.

"Kami tidak berbelit-belit memberikan perizinan sepanjang para investor memenuhi persyaratan, bahkan bisa selesai selama lima menit," kata Kepala Bidang Perizinan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Lebak Rukim di Lebak, Rabu (10/2/2016).

Kemudahan perizinan tersebut cukup berdampak terhadap nilai investasi di Kabupaten Lebak.

Perkembangan investasi yang menanamkan modalnya di Lebak tahun ke tahun meningkat.

Para investor itu tergabung dalam penanaman modal asing (PMA), penanaman modal dalam negeri (PMDN), dan nonfasilitas. Bahkan, nilai investasi tahun 2015 mencapai Rp16,871 triliun dari 683 perizinan yang diterbitkan pemerintah daerah.

Realisasi nilai investasi tersebur berdasarkan Laporan Kegiatan Pelaksanaan Penanaman Modal (LPPM) dari perusahaan bersangkutan.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan kemudahan proses perizinan bagi investor PMA dan PMDN juga nonfasilitas," katanya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Lebak memiliki potensi alam yang melimpah sehingga dapat memberikan multiefek pada kesejahteraan masyarakat juga penyerapan lapangan pekerjaan.

Potensi alam tersebut, antara lain bidang pertambangan, perikanan, pertanian, perkebunan, agroindustri, dan peternakan. Bahkan, jumlah potensi objek wisata di Lebak tercatat 25 lokasi wisata tersebar di 28 kecamatan.

Dari 25 lokasi wisata itu, di antaranya objek wisata pesisir laut, pemandian air panas, situs, budaya Baduy, air terjun, dan budaya kaolotan.

"Kami konsisten mempromosikan potensi wisata itu agar dilirik investor guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Rukim berpendapat bahwa kehadiran investor tentu sangat membantu pemerintah daerah guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan lapangan pekerjaan.

Selama ini, kata dia, relatif banyak anak usia produktif kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Utuk mendapat pekerjaan, mereka harus ke luar daerah, seperti Tangerang, Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

"Kami memberikan kemudahan proses perizinan bagi investor yang menanamkan modalnya di Lebak," katanya.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Iman Santoso mengatakan saat ini nilai investasi PMDN ternak unggas mencapai Rp2 triliun dari tiga perusahaan antara lain adalah PT Anwar Sierad, PT Pofan dan PT Padma.

Kehadiran perusahaan-perusahaan tersebut dinilai dapat membantu program pemerintah daerah, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja, juga peningkatan perekonomian daerah.

"Kami mendorong investasi ternak unggas berkembang karena bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: