Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Lima Tren yang Warnai Bisnis Digital Tahun 2016

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Lembaga konsulting internasional, Accenture, memaparkan lima tren teknologi yan diperkirakan mewarnai lingkungan bisnis di era digital pada tahun 2016. Lima tren tersebut berdasarkan prinsip people first.

Menurut Managing Director Technology Accenture Hamidjojo Surjotedjo, tren teknologi sejatinya tidak bisa dilepaskan dari faktor manusia. Oleh sebab itu, Hamid mengatakan kekhawatiran atas teknologi yang akan menggantikan posisi manusia merupakan pandangan keliru.

"Teknologi itu hanya tools (alat) komponennya tetap manusia. Berdasarkan survei yang kami lakukan, di era ekonomi digital setiap perusahaan harus mengandalkan manusia atau people first sebagai sumber daya utama," serunya di Kantor Accenture, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Adapun lima tren tersebut sebagai berikut

1. Intelligent Automation

Para pemimpin sedang menyambut otomatisasi, didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), robotik, dan augmented reality (realitas tambahan), untuk mengubah operasi bisnis mereka dan menciptakan hubungan baru yang lebih produktif antara pekerja dengan mesin.

2. Tenaga Kerja Fleksibel (Liquid Workforce)

Dengan memanfaatkan teknologi untuk memungkinkan transformasi tenaga kerja, perusahaan-perusahaan terkemuka akan menciptakan lingkungan yang mudah beradaptasi dan siap berubah sesuai dengan tuntutan digital yang dinamis saat ini.

3. Platform Economy

Para pemimpin industri mengedepankan kekuatan teknologi dengan mengembangkan model bisnis berbasis platform untuk menangkap peluang pertumbuhan baru dan mendorong perubahan dalam lingkungan ekonomi makro global.

4. Disrupsi Terprediksi (Predictable Disruption)

Ekosistem digital yang berkembang cepat menciptakan dasar untuk gelombang disrupsi berikutnya dengan menguasai pasar dan menghilangkan batas-batas industri.

5. Kepercayaan Digital (Digital Trust)

Kepercayaan adalah landasan ekonomi digital.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: