Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laba 21st Century Fox Merosot Tajam

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - 21st Century Fox melaporkan penurunan tajam laba pada kuartal IV-2015. Penurunan laba ini sejalan dengan perkiraan konglomerat media hiburan sekaligus pemilik Fox Rupert Murdoch.

Perseroan melaporkan laba pada kuartal IV-2015 anjlok hingga 89 persen menjadi US$ 672 juta, dibandingkan dengan laba sebesar US$6,2 miliar yang tercatat pada tahun 2014 lalu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel NewsAsia di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Pendapatan untuk grup yang mengoperasikan studio Fox di Hollywood dan berbagai program televisi tersebut turun satu persen dari tahun sebelumnya menjadi US$ 7,38 miliar di bawah perkiraan konsensus sebesar US$ 7,51 miliar.

Dilaporkan, penurunan pendapatan disebabkan oleh kinerja yang melemah dari unit hiburan perfilman dan dampak dari fluktuasi mata uang, namun sebagian diimbangi dengan perbaikan pada bisnis TV kabel dan siaran televisi.

"Pada kuartal tersebut, bisnis TV kabel kami terus mendorong pertumbuhan perusahaan, memberikan peningkatan berkelanjutan dalam biaya afiliasi domestik dan keuntungan dalam pendapatan iklan, menggarisbawahi kekuatan merek global kami," kata sebuah pernyataan dari Rupert Murdoch dan putranya Lachlan.

"Selain itu, kita didorong oleh kemajuan di Fox Broadcast Network yang memberikan keuntungan iklan yang signifikan dari program olahraga dan program hiburan."

Hasil akhir tersebut belum termasuk pendapatan dari unit produksi yang disebut Shine Group, yaitu bisnis joint venture yang berfokus pada program reality show TV. Fox mendapat dorongan pendapatan dari program olahraga maupun dari Fox News. Di unit film, kuartal IV-2015 memberikan hasil lebih rendah dibandingkan tahun 2014

Sebelumnya, pada tahun 2013 Murdoch membagi kerajaan perusahaannya menjadi dua perusahaan terpisah, yaitu 21st Century Fox dan News Corp. Ia tetap mengendalikan kedua perusahaan, tetapi secara bertahap mulai keluar dari operasional bisnis tersebut.

Rupert dan Lachlan Murdoch berbagi jabatan CEO di Fox dan News Corp. Sementara anak Rupert Murdoch yang lain, James Murdoch menjabat sebagai CEO Fox tahun lalu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: