Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saham Disney Turun Meskipun Didorong oleh Keuntungan 'Star Wars'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Saham Disney turun lebih dari 4% dalam perdagangan after-hours, meskipun terjadi kenaikan pada laba kuartalan (kuartal IV-2015) yang mencapai US$2,9 miliar (£2.0bn) apabila dibandingkan dengan laba pada tahun sebelumnya.

Namun, keuntungan bagi jaringan kabel Disney turun 5% sementara biaya pemprograman pada saluran olahraga ESPN meningkat. Demikian seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Star Wars: The Force Awaken adalah titik terang bagi Disney. Film tersebut membantu peningkatan laba perseroan mencapai 86%. Film tersebut telah menyumbang pendapatan lebih dari US$2 miliar untuk box office saja, belum termasuk penjualan pernak-pernik yang membantu meningkatkan keuntungan dalam bagian produk konsumen perusahaan sebesar 23%.

Kendati demikian, keuntungan bagi jaringan media Disney yang meliputi ESPN, ABC, dan Disney Channel, jatuh menjadi US$1,4 miliar.

ESPN telah melihat basis pelanggan menurun dalam beberapa tahun terakhir karena lebih banyak orang beralih ke layanan streaming, bukan lagi televisi kabel.

Star Wars sudah menjadi film terlaris ketiga sepanjang masa sejak dirilis pada bulan Desember. Ini adalah film Star Wars pertama yang dibuat Disney sejak dibeli dari pencipta Star Wars George Lucas pada tahun 2012 sebesar US$4 miliar.

Sementara, keuntungan di taman hiburan Disney naik 22% pada kuartal IV-2015 sebagian besar didorong oleh pengunjung di AS. Sedangkan, pengunjung Disneyland Paris turun 8% menyusul serangan teroris pada bulan November. Taman ini ditutup selama tiga hari setelah serangan, tapi pembatalan pengunjung berlanjut pada minggu-minggu berikutnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: