Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG Prakirakan Jabodetabek Hujan Merata Kamis

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang terjadi merata di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Kamis (11/2/2016).

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, memprakirakan wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor akan mengalami hujan dengan intensitas sedang pada siang hari.

Hujan merata pada siang hari tersebut diprakirakan tidak berlanjut hingga malam hari.

BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Jabodetabek mengalami kondisi cuaca dengan langit berawan.

Menurut BMKG, kemungkinan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari hanya terjadi di wilayah Jakarta Timur, Bekasi, dan Bogor.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan El Nino telah menyebabkan intensitas hujan berkurang dan persebarannya tidak merata selama Januari 2016.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mundurnya musim hujan menyebabkan puncak musim hujan terjadi pada bulan Februari 2016 sehingga banjir, longsor, dan langkisau (puting beliung) berpotensi banyak terjadi bencana pada bulan tersebut.

BNPB juga telah menyusun rencana kontinjensi untuk mengantisipasi banjir di Provinsi DKI Jakarta yang diprediksi akan terjadi pada bulan Februari 2016.

Sutopo mengungkapkan wilayah Jakarta akan terjadi siaga darurat banjir pada minggu pertama sampai ketiga, sedangkan tanggap darurat terjadi pada minggu ketiga sampai keempat Februari 2016.

Rencana kontinjensi tersebut menjadi dasar dalam kesiagaan untuk menghadapi banjir di Ibu Kota.

BNPB memberlakukan siaga darurat pada 34 kelurahan, 134 RW di 18 kecamatan terdampak dan kemungkinan 52.451 jiwa mengungsi di 72 titik pengungsian.

Pada tanggap darurat, terdapat 57 kelurahan, 201 RW di 23 kecamatan terdampak banjir dengan prediksi 56.113 jiwa mengungsi di 83 lokasi. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: