Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Datangi Bulog, Hana Hasanah ingin Gorontalo Jadi 'Pilot Project'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Senator asal Gorontalo Hana Hasanah Fadel Muhammad mendatangi kantor Perum Bulog di Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Kamis (11/2/2016).

Dalam kunjungannya itu, Hana didampingi beberapa pengurus DPP IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dan mendapat sambutan hangat dari Direktur Komersial Bulog Fadzri Sentosa.

Kedatangan mereka guna membahas program rumah pangan kita (RPM) sebab pemerintah berencana untuk memperluas lingkup penugasan Bulog untuk komoditas lain selain beras, seperti gula, daging sapi, daging ayam, minyak goreng, bawang, cabai, kedelai, jagung, tepung terigu, telur ayam, dan ikan.

"Hal ini dilaterbelakangi karena adanya kebutuhan mengurangi biaya penjualan dengan memperpendek rantai penjualan sehingga masyarakat dapat menikmati harga pangan yang lebih murah dan lebih stabil," kata Fadzri.

Menurut Fadzri, program yang diluncurkan akhir tahun kemarin ini memang masih sebatas Jabodetabek, namun dalam waktu dekat akan merambah ke seluruh daerah di Indonesia.

Hal itu langsung disambut Hana. Menurutnya, Gorontalo layak menjadi pilot project program RPM pertama di luar Jawa. Gorontalo dinilai memungkinkan untuk program tersebut sebab di Gorontalo banyak warga yang memiliki warung sehingga mereka dapat menambah pasokan barang sesuai dengan kesepakatan dengan Bulog.

"Hal ini jelas menjadi pangsa pasar yang baik dan menguntungkan kedua belah pihak. Apalagi, Bulog ada di mana-mana. Jangkauan Bulog yang luas di seluruh Indonesia dengan kantor dan gudang di 1.750 lokasi seluruh Indonesia merupakan modal untuk percepatan pengembangan jaringan distribusi komersial," katanya.

Anggota Komite I DPD itu juga berharap agar seluruh pemerintah daerah di Indonesia bisa menyambut hal ini. Menurutnya, program RPM ini mampu menyaingi minimarket dan supermarket yang sudah memiliki nama besar.

"Karena tujuan dari program ini penjualan kepada konsumen langsung dalam rangka menyediakan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat umum dengan kualitas baik, harga terjangkau, dan suplai yang berkelanjutan," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut pengurus DPP IWAPI juga sangat tertarik dengan program RPK ini dan dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara IWAPI dengan Bulog.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: