Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puluhan Hektare Tanaman Jagung Gagal Panen

Warta Ekonomi -

WE Online, Gorontalo - Puluhan hektare tanaman jagung di Kota Gorontalo gagal panen, akibat perubahan musim yang terjadi di daerah ini.

Jance salah seorang ketua kelompok tani Jagung di Kota Gorontalo, Jumat (12/2/2016), mengatakan bahwa memang saat melakukan penanaman terhadap Jagung musim hujan, tetapi begitu benih tumbuh dan jagung berumur sebulan, hujan tidak turun selama beberapa pekan.

Saat tanaman jagung mulai berbuah, hujan kembali melanda wilayah Gorontalo dan sekitarnya, namun tidak dapat menyelamatkan komoditi tersebut, sehingga banyak yang gagal panen.

"Memang tanaman jagung kelihatan subur, namun buahnya sangat kecil dan tidak layak untuk dikonsumsi ataupun dikeringkan," kata Jance.

Suko Djafar salah seorang petani jagung di Kota Gorontalo mengatakan, sebagian bisa tanaman jagung di daerah ini gagal panen, sebab buahnya kecil-kecil dan tidak berisi sehingga hanya layak untuk menjadi pakan ternak.

"Banyak Jagung milik petani yang hanya dijadikan untuk pakan ternak seperti sapi dan kuda," kata Suko yang memiliki sekitar dua hektare lahan tanaman jagung tersebut.

Dia menjelaskan, saat musim tanam dilaksanakan oleh petani di Kota Gorontalo, sedang terjadi musim hujan, namun begitu jagung mulai berbuah hujan tidak turun lagi selama beberapa pekan, sehingga tanaman kekurangan air.

Nurdin Ismail salah seolah petani lainnya mengatakan, hasil panen Jagung kali ini tidak bisa diharapkan, sebab hanya dijual untuk dijadikan pakan ternak kuda dan sapi, sehingga banyak yang mengalami kerugian bila dibandingkan biaya tanaman dan pemeliharaan dengan nilai jual.

"Kami tidak bisa berbuat banyak dalam menghadapi musim yang berubah-ubah di daerah ini," kata Nurdin seraya menambahkan biasanya setiap panen aral jagungnya bisa menghasilkan tiga hingga empat ton jagung kering, namun kali ini hanya jadi pakan ternak. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: