Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo Susun Anggaran Peningkatan Fasilitas Pelabuhan Karimun

Warta Ekonomi -

WE Online, Karimun, Kepri - PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menyusun rincian anggaran untuk peningkatan fasilitas pelabuhan domestik sebagai syarat untuk menaikkan tarif pas pelabuhan.

"Kantor pusat telah menyetujui peningkatan fasilitas pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun. Karena itu, kami mulai menyusun RAB (Rincian Anggaran Biaya) untuk disampaikan ke pusat agar dapat menaikkan tarif pas pelabuhan dari Rp2.500 menjadi Rp5.000 per penumpang," kata Manajer Bisnis PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Junaidi di Tanjung Balai Karimun, Jumat (12/2/2016).

Junaidi mengatakan, beberapa fasilitas yang akan diadakan di pelabuhan domestik antara lain peremajaan dan perbaikan tiang penyangga bangunan ruang tunggu, kemudian pemasangan kaca, pendingin ruangan atau AC, perbaikan dan penambahan kursi, perbaikan ruang tunggu VIP dan fasilitas lainnya.

"Intinya, kami ingin pelabuhan domestik sama nyamannya dengan pelabuhan internasional," kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya sedang membahas kontrak dengan vendor atau pihak ketiga yang akan mengerjakan perbaikan dan peningkatan sarana prasarana di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun.

Junaidi menargetkan pengerjaan perbaikan fasilitas pelabuhan domestik tersebut sudah bisa dimulai sekitar April 2016.

"Kami upayakan perbaikan fasilitas sesuai dengan RAB yang disusun sudah selesai pada pertengahan 2016," ucapnya.

Menurut dia, perbaikan dan peningkatan fasilitas pelabuhan domestik merupakan salah satu kesepakatan dengan pemerintah daerah sebelum tarif pas pelabuhan dinaikkan dari Rp2.500 menjadi Rp5.000 per penumpang.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam pertemuan dengan manajemen PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun pada Januari 2016, memberi waktu selama enam bulan untuk peningkatan fasilitas pelabuhan domestik sebagai syarat pemberlakuan pas pelabuhan sebesar Rp5.000 per penumpang.

"Kami komitmen dengan kesepakatan itu, makanya kami mulai melakukan perbaikan dan pembenahan," kata dia lagi.

Ia juga mengatakan, saat ini sejumlah fasilitas tambahan juga sudah tersedia di ruang tunggu penumpang, antara lain beberapa unit televisi, termasuk televisi yang menyiarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebagai pedoman keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal penumpang.

PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun dua kali menaikkan tarif pas pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, pertama dinaikkan dari Rp2.500 menjadi Rp6.000 pada November 2015 namun diturunkan kembali menjadi Rp2.500 setelah mendapat protes dari DPRD Karimun.

Kedua, pada 1 Januari 2016 dari Rp2.500 menjadi Rp.5.000 namun kembali turun menjadi Rp2.500 setelah Bupati Aunur Rafiq mensyaratkan perbaikan dan peningkatan fasilitas jika ingin memberlakukan pas masuk Rp5.000 per penumpang. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: