Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Holcim Ambil Alih Lafarge Cement indonesia Dari Perusahaan Perancis

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta-PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) perusahaan penyedia bahan dan jasa atas bangunan berbahan dasar semen ini menyatakan telah memiliki sepenuhnya PT Lafarge Cement indonesia (LCI) yang dulunya bernama PT Semen Andalas Indonesia. Perseroan mengambil alih sebanyak 1.948.040 saham di LCI dari perusahaan asal Perancis, Financiere Lafarge SA (LA).

Dalam melaksanakan aksinya tersebut, perseroan menggelontorkan dana sekitar Rp 2,13 triliun atau setara dengan US$ 194,80 juta. Dana tersebut diperoleh SMCB dari pemegang pengendalinya yakni, Holdervin BV  yang merupakan perusahaan asal Belanda. 

Pinjaman ini terbagi menjadi dua antara lain, Pinjaman A dengan nilai 50 juta Euro dan pinjaman B senilai 100 juta euro. Dalam keterangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan bahwa untuk Pinjaman A, Perseroan akan membayar dengan cicilan tunggal, yang dimulai pada akhir tahun ke-5 sejak penarikan. Sementara, Pinjaman B, perseroan akan melunasi dengan dua kali cicilan. Sebesar 50 persen akan dibayarkan pada akhir tahun ke-4 sejak penarikan, dan sisa 50 persen lagi dilunasi pada akhir tahun ke-6 sejak penarikan. 

Manajemen Holcim Indonesia mengungkapkan, masing-masing pinjaman memilki bunga 4,09 persen untuk pinjaman A dan 4,29 persen untuk pinajaman B. 

Dalam keterangannya Manajemen menyebutkan alasan perseroan mengakuisisi LSI untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan usaha Perseroan. Sehingga setelah akuisisi ini, diharapkan dapat terjadi peningkatan daya saing, kualitas pelayanan, efisiensi pembelian barang modal dengan tujuan peningkatan pendapatan Perseroan. Serta, untuk memperkuat posisi Perseroan di industri semen, khususnya di wilayah Sumatera.

Transaksi juga akan memfasilitasi konsolidasi usaha-usaha pembuatan dan penjualan semen, beton jadi dan bahan bangunan terkait lainnya milik LafargeHolcim di Indonesia di bawah Perseroan yang juga akan mendukung sinergi dan efisiensi.

Setelah aksi ini, perseroan memeluk sebanyak 99,99 oersen saham di LSI. Sisanya sebesar 0,01 persen dimiliki oleh PT Holcim Beton. 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: