Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Siap Longgarkan Moneter Kembali

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengakui bahwa pada pertengahan bulan ini pihaknya akan memutuskan untuk melakukan pelonggran moneter melalui salah satu instrumen yang dianggap paling sejalan dengan kondisi perekonomian domestik dan luar negeri.

Pernyataan tersebut seperti dikatakan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

"Dalam Rapat Dewan Gubernur BI sebelumnya (14/1/2016) bahwa ruang pelonggaran meneter itu memang ada," ujar Perry.

Dijelaskannya, sejauh ini pihaknya tengah mengukur dan mengkaji tiga kebijakan moneter yang dapat mengakomodir pelonggaran kebijakan moneter sesuai dengan dinamika ekonomi nasional maupun luar negeri.

"Dan, kami akan kalibrasi. Bentuknya apa? Bisa pelonggaran di sisi operasi moneter, bisa penurunan suku bunga acuan (BI rate), dan bisa juga penurunan giro wajib minimum (GWM)," singkat Perry.

Namun demikian, kata Perry, hasil kalibrasi terhadap ketiga instrumen moneter itu masih harus didiskusikan pada RDG-BI yang akan berlangsung pada 17-18 Februari 2016.

"Tentu saja di dalam RDG akan kami bahas menyeluruh atas faktor-faktor positif yang ada dan faktor global," ucapnya.

BI juga harus mempertimbangkan dan mencermati faktor risiko dari masing-masing kebijakan moneter sehingga keputusan yang akan ditempuh BI pada RDG mendatang bisa tetap menjaga stabilitas ekonomi domestik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: