Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kantor Camat Dibakar, Bupati: Jangan Terprovokasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- Bupati Tulangbawang Barat, Lampung, Umar Ahmad mengingatkan warga di Kecamatan Pagardewa agar tidak terprovokasi pascapembakaran kantor camat setempat, Jumat(12/2). "Mari kita serahkan polisi untuk pengusutan pelaku pembakaran kantor Camat Pagardewa, jangan bertindak sendiri-sendiri," kata Bupati Umar Ahmad saat meninjau lokasi kejadian di Tiyuh Pagardewa, Minggu.

Bupati Tulangbawang Barat juga melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh dan aparat di Kecamatan Pagardewa agar tercipta rasa aman di tengah masyarakat. Bupati mengharapkan warga tidak terprovokasi dengan kasus ini, dan meminta para tokoh setempat untuk memberikan pemahaman yang positif terkait kasus tersebut serta sebaiknya jangan menduga-duga pelakunya.

"Biarkan polisi yang mengusutnya hingga tuntas,"kata dia lagi.

Bupati juga meminta kasus tersebut jangan dikait-kaitkan dengan sejumlah peristiwa yang sedang menghangat di Tiyuh Pagardewa salah satunya kasus sengketa lahan. Pada Jumat (12/2), kantor camat Pagardewa terbakar, dan diduga sengaja dibakar oknum tidak bertanggungjawab karena ditemukan sejumlah kecurigaan di lokasi kebakaran.

Kapolres Tulangbawang AKBP Agus Wibowo membenarkan adanya peristiwa kebakaran kantor camat di Tiyuh Pagardewa, Tulangbawang Barat, dan polisi juga sudah memasang 'police line' di lokasi kantor camat yang diduga dibakar orang tidak dikenal, Jumat (12/2) sekitar pukul 23.45 WIB.

AKBP Agus Wibowo mengaku belum bisa menyimpulkan motif pemicu terjadi pembakaran kantor camat Pagardewa itu, mengingat hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan sejumlah saksi terkait kasus tersebut.

"Saya belum bisa menyimpulkan motif apa dalam kasus pembakaran kantor camat ini. Tapi, kami yakin kasus ini bisa kami ungkap," ujarnya pula.

Guna mengungkap kasus tersebut, pihaknya akan memanggil sejumlah saksi terkait kasus tersebut termasuk para aparatur kampung dan kecamatan setempat.

"Kami akan telusuri dulu masalah apa yang sedang berkembang di Pagardewa ini," kata dia lagi.

Pertemuan para tokoh telah digelar di kediaman Kepala Tiyuh Pagardewa sekitar satu kilometer dari kantor camat. Dalam pertemuan tersebut, Kapolres itu juga meminta warga tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut, dan pihak kepolisian siap mengusut dan menangkap para pelakunya.

Kantor camat Pagardewa tersebut berada sekitar 1 km dari perkampung warga. Muncu dugaan kantor tersebut sengaja dibakar, karena ditemukan sejumlah kecurigaan, yakni adanya kerusakan gembok pintu depan dan bertaburan arsip kantor di ruang sekretaris camat. Seluruh arsip yang berada di dalam kantor camat Pagardewa itu hangus terbakar.

Menurut Camat Pagardewa, Umar Usman, selain melalap arsip kantor, api juga menghanguskan sebagian bangunan gedung dan sejumlah mebel serta satu unit genset. Api diduga berasal dari dalam ruangan dan merambat ke plafon serta menghanguskan pula bagian belakang bangunan kantor camat itu.

Dia menduga kantor tersebut sengaja dibakar mengingat di dalam ruangan sekretaris camat dan ruangan camat terlihat ada kumpulan kertas yang ditumpuk dan sengaja dibakar. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: