Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpora Siapkan Ribuan Kader Sukarelawan Pemuda

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan ribuan kader sukarelawan pemuda yang salah satu tugasnya adalah untuk mengurangi kesenangan sosial yang ada di Indonesia.

"Pemuda adalah pemimpin masa depan bangsa. Dengan kegiatan pemilihan sukarelawan muda Indonesia diharapkan lahir kader yang dapat memberikan kontribusi positif dan nyata kepada masyarakat menengah kebawah," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Sakhyan Asmara dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Minggu (14/2/2016).

Demi menyiapkan kader sukarelawan pemuda, pihak Kemenpora bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Pusat Purna Prakarya Muda Indonesia ( DPP PPMI). Adapun seleksi untuk mendapatkan kader sukarelawan pemuda telah dilakukan di Jakarta sejak Sabtu (13/2).

Menurut dia, dasar untuk menyiapkan kader sukarelawan pemuda ini adalah data dari Survei Persepsi Kesenangan (SPK). Dari survei tersebut diperoleh data jika kesenangan sosial di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam beberapa dekade terakhir.

"Kondisi ini jelas cukup memprihatinkan jika dilihat dari sifat asli masyarakat Indonesia yang sesungguhnya senang berbagi dan bergotong royong. Makanya peran kader sukarelawan pemuda sangat dibutuhkan," katanya menambahkan.

Berdasarkan data dari DPP PPMI yang merupakan alumni program Jambore Pemuda Indonesia dan Bakti Pemuda Antar Provinsi, saat ini sudah ada sebanyak 2.873 pendaftar kader sukarelawan dari seluruh Indonesia.

Melihat antusiasme peserta untuk mengikuti pemilihan Duta Sukarelawan Muda ini, pihak panitia mengadakan dua metode seleksi peserta, yaitu dengan cara tatap muka yang diadakan hari ini untuk wilayah Jabodetabek dan dengan cara seleksi daring (online) untuk peserta yang berasal dari wilayah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP PPMI Akhmad Fauzi mengaku optimistis dengan kegiatan yang nantinya menargetkan 10 ribu relawan yang akan direkrut oleh 35 finalis duta sukarelawan muda Indonesia.

"Nantinya, pemenang Duta Sukarelawan Muda ini akan menjalankan joint project bersama aktivis sukarelawan pemuda yang ada di Asia Tenggara, salah satunya adalah Malaysia. Dengan demikian, diharapkan kader sukarelawan muda yang disiapkan ini, dapat berkontribusi bagi bangsa di tengah kerjasama regional untuk menurunkan tingkat kesenjangan sosial," kata Akhmad Fauzi menjelaskan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: