Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Berupaya Tingkatkan Kualitas LKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya meningkatkan kualitas Lembaga Keuangan Mikro (LKM) agar dapat berkembang menjadi lembaga keuangan yang lebih besar.

"Kami ingin meningkatkan kemampuan LKM agar LKM ini dapat menjadi basis ekonomi yang luar biasa," kata Direktur Bidang Internasional dan Kelembagaan OJK Triyono di Semarang, Selasa (16/2/2016).

Menurut dia, pada dasarnya kondisi LKM tidak terlalu mengkhawatirkan, namun jika dapat ditingkatkan kualitasnya bisa seperti LKM yang ada di Tiongkok atau di Jerman.

"Di negara-negara tersebut LKM dapat menjadi 'engine' ekonomi yang besar, tinggal poles di kemampuan manajerial dan keuangannya," katanya.

Secara keseluruhan Triyono menyatakan kondisi LKM pada saat ini tidak ada masalah. Meski demikian, LKM merupakan suatu lembaga yang tidak diatur sama sekali sehingga visi juga sangat terbatas.

"LKM ini hanya melayani komunitas tertentu. Oleh karena itu, kami mencoba didik LKM agar memiliki kemampuan manajerial yang lebih baik," katanya.

Beberapa upaya pendidikan yang dilakukan adalah dari sisi teknologi informasi dan laporan keuangan. Dengan adanya peningkatan di beberapa bidang tersebut LKM dapat memberikan pertanggungjawaban yang lebih baik kepada nasabah.

Sementara itu terkait dengan persaingan global, Triyono menyatakan tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan oleh LKM.

"Pemerintah sendiri menjamin bahwa kredit mikro tidak dapat dimasuki oleh asing. Oleh karena itu saya kira masih aman. Meski demikian tetap perlu ditingkatkan kemampuannya agar bisa berkembang menjadi BPR atau menjadi bank," katanya. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: