Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Kalsel Hibahkan Rp34 Miliar Untuk PON

Warta Ekonomi -

WE Online, Banjarmasin - Wakil Ketua KONI Kalimantan Selatan Mohammad Welny mengungkapkan, pemerintah provinsi telah menghibahkan dana sebesar Rp34 miliar untuk persiapan mengahadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat.

Menurut Welny di Banjarmasin, Sabtu (19/3/2016), KONI Kalsel sudah menerima dana hibah tersebut dan kini mulai digunakan untuk persiapan pemusatan latihan atlet yang akan diberangkatkan ke PON Jabar yang dihelat pada 17-21 September 2016.

"Kita yakin dana yang tersedia ini akan bisa mencukupi hingga dilaksanakannya PON di Jabar nanti, tentunya dengan kemaksimalan persiapan para atlet dari sekarang," tuturnya.

Banyak yang akan dilakukan pihaknya untuk bisa mempersiapkan kematangan para atlet diantaranya menggelar try-out ke luar negeri, di mana atlet yang dikirim utamanya yang mendapat medali emas pada pra-PON.

"Dana untuk try-out atlet ini dari KONI dan pastinya juga dari dana hibah APBD itu," ucapnya.

Welny menyatakan, pihaknya bertekad pada PON tahun 2016 ini lebih banyak prestasi yang bisa ditorehkan atlet untuk membayar kegagalan prestasi PON XVIII di Riau 2012 yang hanya membawa pulang lima medali emas dari target 25 medali.

"Kalau PON Jabar ini kita hanya menargetkan 18 medali emas, ini realistis bisa dicapai kalau melihat prestasi atlet pada pra-PON lalu.

Sebab, kata dia, pada pra-PON lalu sebanyak 121 atlet bisa mendapatkan prestasi medali di berbagai cabang olahraga, diantaranya gulat, loncat indah, dan menembak.

Menurut dia, ada sebanyak 18 cabang yang digadang-gadang bisa mendapatkan medali emas di PON Jabar, yakni gulat 6 emas, menembak 4 emas, berkuda 2 emas, loncat indah 2 emas, tinju 2 emas, pencak silat 2 emas.

Selanjutnya, kata Welny, sepak takraw, biliar, futsal, basket, selam, ski air, renang, gantolle, binaraga, wushu, dansa, dan panjat tebing yang masing-masingnya satu emas.

"Sebenarnya kita akan mengikutkan sebanyak 34 cabang olahraga nantinya dengan sebanyak 300-an atlet, kita yakin akan bisa banyak prestasi dengan semangat mereka saat ini," paparnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: