Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menggunakan Uang Elektronik di Tol Mojokerto

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memastikan produk uang elektronik yang dikembangkannya, yaitu BNI TapCash, dapat digunakan untuk bertransaksi di pintu Tol Penompo, Mojokerto, yang merupakan salah satu bagian dari ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

BNI menerbitkan varian khusus untuk menandai penggunaan uang elektronik di ruas jalan tol tersebut, yaitu produk Kartu TapCash BNI-MNA. MNA atau PT Marga Nujyasumo Agung merupakan operator tunggal ruas jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Peluncuran Kartu TapCash BNI-MNA tersebut dilaksanakan seiring dengan acara peresmian operasional Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Ruas Krian Mojokerto) oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Mojokerto, Sabtu (19/3/2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Rini Soemarno dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Achmad Baiquni mengungkapkan operasional Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dapat direalisasikan antara lain berkat kerja sama sinergis antara bank-bank yang berkolaborasi mendukung pembiayaan sindikasi, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Jatim, Bank Sumut, Bukopin, dan BNI yang memosisikan diri sebagai agen fasilitas dan agen escrow.

Perjanjian kredit sindikasi dengan nilai Rp 2,65 triliun atau 70% dari kebutuhan pembiayaan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto tersebut kini telah mulai menunjukkan hasilnya.

Dari rencana lima seksi yang dibangun, dua seksi di antaranya sudah selesai dibangun, yaitu ruas Tol Waru-Sepanjang (2,3 kilometer) dan ruas Tol Krian-Mojokerto. Total panjang ruas Tol Surabaya-Mojokerto adalah lebih dari 36 kilometer di mana ruas terpanjang adalah ruas Krian-Mojokerto yaitu lebih dari 18 kilometer yang diresmikan 19 Maret 2016.

Selaras dengan program Bank Indonesia (BI) untuk memasyarakatkan Gerakan Nasional Non-tunai (GNNT), BNI langsung mengaktifkan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik di Tol Surabaya-Mojokerto tersebut. Kartu BNI TapCash merupakan uang elektronik BNI yang dapat diisi ulang dan dapat dipindahtangankan.

Varian BNI TapCash di antaranya adalah TapCash Generik Batik, TapCash Transportasi, TapCash Tematik Sport, TapCash Tematik Musik, TapCash Tematik Tol dan masih banyak seri TapCash lainnya. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, saat ini jumlah Kartu TapCash BNI yang telah tersebar sebanyak lebih dari 400 ribu kartu.

Saat ini, Kartu BNI TapCash dapat diperoleh di Kantor Cabang BNI dan channel-channel penjualan lainnya yang telah bekerja sama dengan BNI.

"Akseptasi Kartu BNI TapCash semakin meluas, tidak hanya digunakan untuk mengakses tol, tetapi juga dapat digunakan untuk membeli tiket Bus TransJakarta, Kereta Commuter Jabodetabek, e-Parking Reska, Kereta Bandara Kualanamu Medan, pembayaran di UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek,Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, serta merchant lainnya berlogo TapCash," pungkas Baiquni.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: