Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Indonesia-Italia Genjot Investasi Perdagangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Italian Business Association in Indonesia (IBAI) sepakat bekerjasama menggenjot perdagangan dan investasi diantara kedua negara.

Siaran pers Kadin Indonesia, di Jakarta, Kamis (28/4/2016) menyebutkan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Rabu (27/4) antara Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta W. Kamdani dan Wakil Ketua IBAI, Alberto Simeone.

Kerja sama itu juga disaksikan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli.

Rosan P. Roeslani mengatakan, ruang lingkup kesepakatan meliputi kerja sama dukungan dalam promosi perdagangan, investasi dan teknologi, termasuk pertukaran informasi dan kontak bisnis untuk memperluas jaringan bisnis.

"Sebelumnya Kadin Indonesia sudah bekerjasama dengan IBAI. Namun MoU ini diharpakan dapat lebih meningkatkan hubungan dan kerjasama diantara kami ke depannya," ujar Rosan.

Menurut data Kementerian Perdagangan, nilai perdagangan Indonesia dengan Italia dalam beberapa dekade terus berfluktuasi.

Pada tahun 2015, total perdagangan Indonesia - Italia mencapai 3,24 miliar dolar AS, dimana ekspor Indonesia ke Italia mencapai 1,87 miliar dolar sedangkan impor Indonesia dari Italia mencapai 1,37 miliar dolar AS.

Dengan begitu dalam neraca perdagangan itu, Indonesia mengalami surplus sebesar 504,69 dolar AS.

"Tren perdagangan dengan Italia diharapkan bisa semakin positif, karena kedua negara memiliki banyak kesamaan dan saling melengkapi. Sehingga diharapkan perdagangannya akan terus meningkat di masa datang," ujarnya.

Beberapa sektor kerjasama yang sangat potensial untuk dikembangkan antara lain "footwear design and manufacturing", tekstil, teknologi ekonomi kreatif, jasa keuangan, perhotelan dan pariwisata. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: