Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Minta Bekraf Buat Aturan Investasi Perfilman

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komisi X DPR RI mengingatkan Badan Ekonomi Kreatif untuk membuat peraturan bidang investasi film menyusul kebijakan pemerintah menghapus daftar negatif investasi bidang tersebut.

"Saya minta DNI film itu menjadi perhatian, terutama kesiapannya," kata Ketua Komisi X DPR RI Teuku Rafly Harsya, dalam rapat kerja dengan Badan Ekonomi Kreatif di gedung DPR/MPR/DPD, di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Teuku Rafly mengingatkan agar Bekraf mempersiapkan aturan turunan dari kebijakan itu untuk memastikan pembukaan investasi tersebut tidak merugikan industri perfilman dalam negeri.

Senada dengan Rafly, anggota Komisi X dari Partai Hanura Dadang Rusdiana mengatakan perlu ada jaminan tidak menurun kualitas film nasional dan juga tidak digunakan bagi kendaraan memasukkan budaya negara lain.

"Juga paket kebijakan ekonomi, dibuka DNI, investasi film dibuka 100 persen, mesti ada jaminan, kualitas film dan apakah benar di Indonesia tidak banyak yang mau investasi ke film," katanya pula.

Ia juga mengingatkan bila investasi dibuka, apakah investor mau membangun bioskop sampai perdesaan.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Moenaf mengatakan pihaknya bersama Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mulai membahas regulasi turunannya.

"Yang mendasar adalah dibutuhkan permodalan, ekspertise dan pengalaman untuk meningkatkan kapasitas praktisi perfilman di Indonesia," kata Triawan.

Ia menambahkan, "Kami tidak khawatir pembukaan DNI ini tidak akan ada ekspansi budaya. Kita diserang karena tidak ada kemampuan serang balik dengan meningkatkan peran orang film melalui modal yang semakin besar." Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Badan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh Ketua Komisi X DPR RI Teuku Rafly Harsya didampingi oleh Sutan Adil. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: