Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jasa Marga Lakukan Persiapan Jelang Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Semarang sudah mulai melakukan sejumlah persiapan jelang Lebaran tahun 2016.

"Untuk persiapan Lebaran sudah kami siapkan dari sekarang, ada tiga persiapannya yaitu dari sisi layanan transaksi, lalu lintas, dan kontruksi," kata Deputi General Manager Operasional PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Semarang Thomas Dwiatmanto di Semarang, Kamis (28/4/2016).

Dari sisi layanan transaksi, pihaknya sudah bekerja sama dengan bank pengumpul uang tol untuk melakukan persiapan.

"Biasanya di hari H mereka terkendala dengan pengambilan pendapatan tol, kami minta mereka siap. Selain itu, dari sisi penyediaan uang pengembalian kami meminta bank pengumpulan uang tol menyediakan uang pengembalian Rp20 juta khusus untuk pecahan Rp500-an," katanya.

Untuk layanan lalu lintas, pada arus mudik pihaknya akan menambah satu gardu arah mudik atau arah ke selatan dan mengurangi arah ke utara. Begitu juga sebaliknya, saat arus balik penambahan akan dilakukan dari arah selatan ke utara sedangkan dari utara ke selatan akan dikurangi.

Pihaknya juga akan memastikan penjualan "e-toll card" untuk jalur gardu tol otomatis (GTO).

"Selama musim arus mudik dan balik kami juga akan menempatkan petugas di lajur GTO untuk memberikan kemudahan pengguna jalan tol yang belum memiliki 'e-toll card'. Teknisnya, petugas akan menggunakan kartu tol untuk membukakan pintu otomatis, selanjutnya pengemudi kendaraan membayar secara tunai kepada petugas," katanya.

Pihaknya juga melibatkan sejumlah petugas untuk memberikan pelayanan kepada para pengemudi dengan cara jemput bola. Caranya adalah petugas menghampiri satu per satu kendaraan untuk selanjutnya melakukan transaksi pembayaran tarif tol dengan pengemudi.

Selanjutnya, pengemudi tersebut diberikan kartu tanda terima untuk kemudian diberikan kepada petugas tol sebagai bukti telah melakukan pembayaran ketika sampai di gardu.

Untuk memastikan kendaraan yang mengalami mogok di jalur tol cepat memperoleh pelayanan, pihaknya juga akan menambah jumlah unit kendaraan derek. Jika di hari normal ada dua unit kendaraan derek yang disiagakan, selama musim mudik dan balik ada tiga unit yang akan disiagakan.

"Semuanya ini akan kami lakukan dari H-10 hingga H+10 Lebaran. Harapannya ini memberikan kenyamanan kepada para pengemudi," katanya.

Sementara itu, dari sisi kontruksi, pihaknya juga mengerahkan para petugas untuk memastikan tidak ada genangan air di jalur tol khususnya saat hujan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: