Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Parpol Diuntungkan oleh Belum Jelasnya Kocok Ulang Kabinet?

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Belum adanya kejelasan terkait kapan persisnya kocok ulang kabinet dilakukan Presiden Jokowi, dikhwatirkan dapat dimanfaatkan oleh partai politik untuk mengamankan kompetisi pemilu 2019.

Menurut Direktur Eksekutif Populi Center, Usep Syaiful Akhyar, hal ini bisa saja terjadi andai kata kocok ulang kabinet belum juga dilakukan dalam waktu dekat.

Usia kabinet yang hampir memasuki masa kerja dua tahun, kata Usep, tentunya akan ikut mempengaruhi hasil kebijakan reshuffle, bila nantinya menteri di kalangan partai politik ditarik masuk ke kabinet. Sebagaimana diketahui, ada kecendrungan menteri dari kalangan partai politik memilih mengundurkan diri jelang berakhirnya masa jabatan demi mengikuti pemilu.

"Kalau dilihat dari defenisi politik siapa mendapatkan apa, reshufle kabinet selain untuk perbaikan kinerja, juga diperlukan untuk stabilitas politik. Nah, stabilitas politik ini kadang juga tidak gratis. KMP kan sudah jauh bekurang sebagian merapat ke pemerintah. Dukungan parpol yang diterima pemerintah tentu mengurangi resistensi terhadap kebijakan yang diinginkan Jokowi di parlemen, tapi dukungan itu tentu tidak gratis," terangnya kepada Warta Ekonomi dalam sesi diskusi yang berlangsung di Gedung Pakarti Center, Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Terlepas dari belum tuntasnya keputusan reshuffle dan adanya kekhawatiran dibalik merapatnya partai politik ke pemerintah demi kepentingan 2019, Usep menambahkan, metode reshuflle jauh lebih penting.

"Yang penting bagaimana metode reshuffle yang diganti siapa harusnya berdasarkan kinerja. Kalau positif ya dipertahankan, kalau enggak ya diganti," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: