Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Batam Tawarkan Kerja Sama UKM Pada Kanada

Warta Ekonomi -

WE Online, Batam - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menawarkan kerja sama pengembangan Usaha Kecil Menengah pada pemerintah dan pengusaha Kanada, melalui Duta Besarnya untuk Indonesia, Donald Bobiash yang berkunjung ke Batam, Jumat (29/4/2016).

"Ke depan, kalau boleh Pak Dubes berkenan, kalau ada investasi, kami siap sambut di sini. Bisa langsung ke sini. Sehingga rakyat Batam langsung menikmati. Terutama menengah ke bawah, UKM, butuh hal ini," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Menurut dia, UKM Batam memiliki kapasitas yang sangat baik, produk yang dihasilkannya pun berpotensi untuk dikembangkangkan.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyatakan selain manufaktur dan galangan kapal, di Batam juga terdapat sejumlah industri tekstil yang bisa dikembangkan.

Industri tekstil di Batam memproduksi pakaian olahraga. Namun, jumlah produksinya belum terlalu besar.

"Ada, tapi volumenya belum besar. Di sini sebagian besar adalah manufaktur dan shipyard," kata Amsakar.

Duta Besar Donald menjelaskan, Pemerintah Indonesia dan Kanada tengah menjalankan kerjas ama pengembangan UKM.

"Kanada sangat serius untuk membantu Indonesia dalam rangka kerja sama perdagangan," kata pria yang sudah tiga tahun menjabat sebagai Dubes Kanada untuk Indonesia ini.

Ia sendiri mengaku kagum dengan industri yang berkembang di Indonesia, terutama industri tekstil, karena mampu menembus pasar dunia.

"Sebelum datang ke Indonesia tiga tahun lalu sebagai Duta Besar, saya mau beli baju di Kanada tapi lucunya itu made in Indonesia," kata dia bercerita.

Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Donald Bobiash menjajaki peluang investasi di Kota Batam setelah pemerintah merevisi status Batam menjadi Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas plus Kawasan Ekonomi Khusus.

Selama ini Indonesia menjadi daerah yang menjanjikan bagi pengusaha Kanada. Banyak produksi Kanada yang diekspor ke Indonesia, seperti gandum dan Blackberry. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: