Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Tetapkan Harga CPO Sebesar USD754,1 Per MT

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan harga referensi produk crude palm oil (CPO) untuk penetapan bea keluar (BK) periode Mei 2016 sebesar USD 754,1 per metrik ton (MT). Penetapan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 29/MDAG/PER/4/2016 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Karyanto Suprih menjelaskan penetapan akhir harga CPO tersebut merupakan hasil dari berbagai konsolidasi dan masukan dari berbagai stakeholder. Dengan ketetapan harga itu, harga CPO untuk ekspor naik sebesar US$ 71,78 atau sekitar 10,52% dari harga di bulan sebelumnya.

"Harga patokan ekspor (HPE) dan harga referensi periode Mei 2016 ditetapkan setelah menyikapi perkembangan harga komoditas, baik nasional maupun internasional," kata Karyanto di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Selain CPO, Kemendag juga menetapkan harga referensi biji kakao di mana pada bulan Mei 2016 melemah sebesar USD 41,91 atau 1,4%, yaitu dari USD 2.992,02/MT menjadi USD 2.950,11/MT. Penurunan harga acuan kakao ini berdampak pada penetapan HPE biji kakao yang juga mengalami penurunan sebesar USD 41 atau 1,5% dari USD 2.692/MT pada periode April menjadi USD2.651/MT.

Penurunan harga referensi dan HPE biji kakao disebabkan oleh menurunnya harga internasional komoditas tersebut, namun BK biji kakao tidak berubah dibandingkan periode bulan sebelumnya, yaitu sebesar 10%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: