Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Krisis Listrik, Malaysia Siap Bantu Bangun PLTA-PLTU

Warta Ekonomi -

WE Online, Nunukan - Perusahaan listrik negara tetangga Malaysia berjanji siap membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Hal ini dikemukakan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie usai berkunjung ke Kuching, Negeri Sarawak, Malaysia dengan bertemu CEO Sarawak Energy Berhad, 27 April 2016.

"Selain keinginannya perusahaan listrik Malaysia ini membangun PLTD yang sifatnya jangka pendek, juga bersedia membangun PLTU dan PLTA untuk jangka menengah dan jangka panjang di Kaltara," kata Irianto Lambrie.

Mengenai kapasitas daya kedua pembangkit tersebut diperkirakan mencapai 500-1.000 mega watt (MW) dimana pembangunannya meminta untuk difasilitasi dan siap bermitra dengan pengusaha lokal dengan pembagian biaya pembangunan 70 persen untuk Sarawak Energy Berhad dan 30 persen bagi pengusaha lokal.

Irianto Lambrie juga menjelaskan bahwa perusahaan listrik yang berada di Negeri Sarawak ini siap berinvestasi dengan menggunakan dana segar sebesar USD5 miliar dengan perencanaan mengurangi krisis listrik yang melanda wilayah itu dengan menggunakan sistem "Borneo Greet System" dimana seluruh Pulau Kalimantan terkoneksi jaringan listrik.

Namun memang perlu dikoordinasikan dengan PT PLN (Persero) dalam hal pembangunan transmisi karena menjadi kewenangan perusahaan milik negara Indonesia.

"Kita akan fasilitasi dengan PT PLN (persero) dalam hal kesediaan perusahaan listrik Sarawak Energy Berhad untuk membangun PLTU dan PLTA dengan kapasitas mencapai 500-1.000 mega watt yang dipersiapkan mengurangi krisis listrik di Kaltara," ujar dia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: