Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demo Buruh Sampai ke Hongkong

Warta Ekonomi -

WE Online, Beijing-Sekitar 1.000 buruh migran Indonesia di Hong Kong berdemonstrasi di Lapangan Victoria, Causeway Bay, untuk memperingati Hari Buruh sedunia.

Mereka mengawali aksi dengan berorasi menuntut hak-hak mereka sebagai pekerja migran kepada Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hong Kong, dan Pemerintah Hong Kong. 

Usai berorasi di Lapangan Victoria, mereka pawai menuju KJRI Hong Kong. 

Dalam selebarannya, para pekerja migran menuntut pemerintah menyelamatkan pekerja korban pemalsuan data paspor dari kriminalisasi serta deportasi. 

Mereka juga menuntut pemerintah mengizinkan mereka membuat kontrak mandiri, mencabut Undang-Undang No.39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, dan  menciptakan lapangan kerja di Tanah Air.

Konsul Imigrasi KJRI Hong Kong Andry Indrady mengatakan selama 2015 KJRI Hong Kong telah mengeluarkan 23.825 paspor. Dari jumlah tersebut 25 di antaranya memuat data pemegang paspor yang berbeda dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKim).

"Terkait itu, KJRI Hong Kong melakukan pembenaran data terhadap 25 paspor tersebut dilengkapi surat pengantar kepada Departemen Imigrasi Hong Kong, yang berisi jaminan terhadap keabsahan serta kebenaran data," katanya.

Namun, Andry melanjutkan, Imigrasi Hong Kong tetap memberikan perlakuan berbeda dalam pemberian visa baru terkoreksi dan serta melakukan penuntutan terhadap pekerja migran yang bersangkutan.

Ada empat pekerja yang menghadapi tuntutan pidana di Pengadilan Hong Kong terkait pembenaran data paspor oleh Konsulat Jenderal RI di Hong Kong sesuai SIMKim.

Dari empat pekerja itu, satu telah dijatuhi hukuman pidana, dan tiga orang lainnya sedang menjalani proses peradilan di Hong Kong.

 
Kenaikan Upah

Selain menyampaikan aspirasi mereka kepada perwakilan RI, para pekerja migran juga menuntut Pemerintah Hong Kong menaikkan standar gaji mereka dari 4.110 menjadi 5.000 dolar HK di tambah tunjangan makanan 2.000 dolar HK. 

Mereka juga meminta Pemerintah Hong Kong memasukkan buruh migran yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga dalam Rancangan Undang-Undang Standar Jam Kerja serta menghapus diskriminasi dalam pemberian visa dan menjadikan tinggal bersama pemberi kerja sebagai pilihan. 

Berdasar data Kantor Konsul Tenaga Kerja KJRI Hong Kong jumlah perempuan Indonesia yang bekerja di Hong Kong hingga Juli 2015 tercatat 150.544 orang, terbanyak kedua setelah perempuan buruh migran Filipina yang berjumlah 177.890 orang.

Sementara jumlah perempuan Indonesia yang bekerja di Makau menurut data Buruh Migran Indonesia (BMI) Sukarela tercatat 7.734 orang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: