Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'May Day' Kondusif, Sumut Cocok Jadi Lokasi Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Kekondusifan peringatan "May Day" di Sumatera Utara (Sumut) diyakini bisa akan meningkatkan daya tarik daerah itu sebagai tempat investasi. Dengan banyak investasi, tiga unsur yakni pekerja, pengusaha, dan pemerintah diuntungkan.

Pekerja semakin mendapatkan kesempatan kerja, pengusaha bisa semakin berpeluang berusaha dan pemerintah mendapatkan pendapatan dan berkurang beban untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 1992 Sumut, Bambang Hermanto, mengatakan, pekerja memang semakin menyadari perlunya sikap yang dewasa dalam menyampaikan aspirasi. Menurut dia, sebenarnya memang masih banyak permasalahan mendasar yang dihadapi pekerja. Mulai dari sistem pekerja outsourcing di mana status itu dimanfaatkan pengusaha mengabaikan hak-hak pekerja.

"Pekerja tetap berharap pemerintah dan Apindo memperhatikan dan memenuhi hak-hak pekerja," katanya di Medan, Minggu (1/5/2016).

Ketua Apindo Sumut Parlindungan Purba mengatakan, pengusaha anggota Apindo juga semakin menyadari bahwa pekerja adalah aset. Untuk itu, kata dia, pengusaha juga tidak menginginkan ada gejolak pekerja di dalam usahanya sehingga semua hak buruh dipenuhi.

Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pengusaha juga menyadari perlunya hubungan yang baik antara pengusaha,  pekerja dan pemerintah untuk bisa memenangkan persaingan yang semakin ketat. Dengan masih banyaknya kekurangan infrastruktur dan birokrasi yang masih ada sebenarnya pengusaha juga masih khawatir di era MEA yang sudah mulai berjalan.

"Tetapi sebagai pengusaha harus tetap optimistis dan berharap pekerja dan pemerintah mendukung dengan bersinergi," kata Parlindungan yang juga Ketua Komite II DPD RI.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: