Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bulog dan TPID Sumut Berupaya Tekan Harga Pangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Kepala Bulog Sumut Fatah Yasin mengatakan Bulog Sumut terus berupaya menekan harga dengan melakukan berbagai langkah bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut. Dimana langkah yang dilakukan antara lain membeli berbagai kebutuhan seperti cabai, bawang merah dan beras ke daerah yang sedang panen dan menjual ke daerah yang tidak panen.

"Dengan adanya keseimbangan dan ketersedian barang di berbagai daerah, maka harga jual bisa distabilkan sehingga petani dan masyarakat sama-sama diuntungkan dengan terjadinya harga yang wajar," katanya Senin (2/5/2016).

Pengamat ekonomi Sumut, Wahyu Ario Pratomo, mengkhawatirkan deflasi yang terjadi di April sulit dipertahankan dalam beberapa bulan ke depan.

Alasan dia, deflasi April lebih cenderung karena upaya kuat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan operasi pasar dan lainnya atau bukan karena harga barang turun secara ril.

Kesulitan mempertahankan deflasi juga mengacu pada perhitungan bahwa pada awal Juni sudah masuk Bulan Puasa Ramadhan yang biasanya mendorong kenaikan harga berbagai barang kebutuhan khususnya bahan pokok, beras, gula, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan sayur-mayur.

"TPID harus kerja keras lagi mulai sekarang untuk mengendalikan arus keluar masuk barang kebutuhan.Dan itupun sulit dijamin bisa mengendalikan harga serendah mungkin," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: