Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fadli Zon: Serangan Buruh Kasar Asing Ancam Tenaga Kerja Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan keberasaan buruh kasar warga asing menjadi salah satu persoalan serius bagi buruh di Indonesia. Hal itu dikatakan Fadli menanggapi Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2016.

"Masuknya banyak warga asing yang bekerja di Indonesia sebagai buruh kasar, itu ancaman langsung bagi buruh di Indonesia. Salah satu tujuan utama dari investasi asing adalah menciptakan lapangan kerja bagi warga negara Indonesia," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Fadli menambahkan jika ada investor yang mensyaratkan harus membawa tenaga kerja asal investor untuk dipekerjakan di Indonesia sama saja dengan penjajahan gaya baru. Apalagi jika keberadaan buruh kasar berkewarganegaraan asing itu menjadi syarat investasi di Indonesia. Hal itu jelas akan mengancam keberadaan buruh asal Indonesia.

"Situasi saat ini di mana buruh asing datang secara masif ke Indonesia, sebagai syarat melekat dari investasi yang ditanamkan,itu sama saja dengan penjajahan. Pemerintah harus membatasi dan menyaring tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.Jika bagi mereka yang punya keahlian khusus yang di Indonesia belum ada yang menguasainya,itu tidak jadi masalah,"

"Tapi jangan sampai pekerjaan domestik yang masih dapat dikerjakan oleh tenaga kerja Indonesia,diberikan juga kepada warga asing.Jangan sampai buruh domestik tertindas lantaran pemerintah tidak tegas," pungkasnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: