Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Bidik Pembiayaan 'Jaring' Tembus Rp9,2 Triliun

Warta Ekonomi -

WE Online, Riau - Otoritas Jasa Keuangan menargetkan penyaluran kredit sektor kelautan dan perikanan melalui program Jangkau, Sinergi dan 'Guideline' (Jaring) dapat menembus Rp9,2 triliun pada tahun ini atau tumbuh 24,2 persen dibanding realisasi 2015 sebesar Rp6,69 triliun.

"Pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan manfaatnya sangat besar bagi perekonomian nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka itu harus ditingkatkan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad melalui keterangan tertulis dari Sosialisasi Program Jaring di Bengkalis, Riau, Senin (2/5/2016).

Target kredit Rp9,2 triliun itu berasal dari delapan bank yang mengikuti program Jaring sebagai partisipan baru, dan juga delapan bank yang merupakan partisipan sejak Jaring ini diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 11 Mei 2015.

Menurut Muliaman, sejak diluncurkan pada 2015, program Jaring berjalan sesuai rencana otoritas, salah satu indikatornya terlihat dari peningkatan permintaan kredit di sektor kelautan dan perikanan.

Muliaman mengatakan realisasi kredit Jaring hingga Desember 2015 telah melebihi target, dengan mencapai Rp6,69 triliun atau 124,5 persen dari target Rp5,37 triliun.

"Selama setahun ini, Jaring berjalan sesuai rencana dengan berhasil mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan terhadap bisnis di sektor kelautan dan perikanan sehingga kredit perbankan dan pembiayaan ke sektor ini terus meningkat," ujarnya.

Adapun delapan bank mitra Jaring sejak awal program ini terbentuk adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, PT Bank Permata, Tbk, PT Bank Bukopin, Tbk dan PT BPD Sulselbar.

Sedangkan delapan bank lainnya yang menyusul menjadi mitra Jaring adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk, PT Bank Sinarmas, PT BPD Jawa Timur, PT BPD Riau Kepri, PT BPD Sulawesi Utara, PT BPD Jawa Tengah.

Selain dari perbankan, mitra Program Jaring adalah industri keuangan non bank (IKNB) melalui Konsorsium Perusahaan Pembiayaan, Asuransi Jiwa, Asuransi Umum dan Penjaminan. Perum Jamkrindo dan Jamkrida juga turut mendukung Program Jaring. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: