Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Sumut Luncurkan Sistem Online Penukaran Uang

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara segera meluncurkan sistem tukar uang berbasis "online" atau yang disebut gerai siap saji untuk mempermudah masyarakat.

"Penukaran uang berbasis 'online' itu merupakan program BI Perwakilan Sumut. Direncanakan akan diluncurkan dua pekan sebelum Puasa Ramadhan," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Difi A. Johansyah di Medan, Senin (2/5/2016).

Penukaran uang secara "online' itu diharapkan memberi kemudahan kepada masyarakat khususnya untuk instansi yang memerlukan uang dengan nominal tertentu.

Penggunaan sistem itu dimulai dengan calon penukar masuk ke aplikasi yang dibuat oleh BI Sumut, lalu mengisi aplikasi seperti identitas dan nilai nominal uang yang hendak ditukar dan pecahan yang dibutuhkan.

Setelah selesai, penukar membawa uang yang akan ditukar ke Kantor Perwakilan BI Sumut untuk langsung mendapat uang pecahan yang diinginkannya.

"BI masih sedang melakukan uji coba. Yang pasti sistem itu akan diluncurkan sebelum Ramadhan dengan harapan program itu juga memperlancar layanan BI dalam memenuhi kebutuhan uang pecahan tertentu dan baru untuk Idul Fitri atau hari besar keagamaan lainnya," katanya.

Difi menjelaskan, BI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran.

Adapun untuk meningkatkan jumlah uang layak edar, BI terus berupaya melakukan perencanaan dengan baik agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas yang baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga.

Perencanaan pengeluaran emisi baru misalnya dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik serta masa edar uang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: