Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apindo Pastikan Libur Panjang Tak Ganggu Produksi

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah memastikan libur panjang akhir minggu ini tidak akan mengganggu proses produksi industri.

"Khususnya untuk perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki target produksi yang harus dipenuhi, pekerjanya tetap masuk," kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi di Semarang, Selasa (3/5/2016). 

Meski demikian, yang membedakan adalah pembayaran tidak dilakukan dengan besaran upah yang biasa tetapi upah lembur. Untuk besarannya biasanya lebih besar dua kali lipat dibandingkan saat hari kerja normal.

"Memang dalam hal ini perusahaan harus mengeluarkan uang dua kali lipat lebih banyak yang akhirnya berdampak pada peningkatan ongkos produksi, meski begitu tetap harus dilakukan," katanya.

Untuk menekan biaya operasional, biasanya saat hari libur jumlah pekerja yang masuk tidak sebanyak biasanya.

"Yang penting para pekerja ini mampu menyelesaikan target, jadi jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

Untuk pembayaran secara lembur hanya akan dilakukan pada Kamis (5/5), sedangkan untuk Jumat (6/5) masuk normal sehingga tidak ada pembayaran lembur.

Biasanya, untuk saat ini perusahaan yang mengalami peningkatan produksi adalah garmen dan kayu lapis. Untuk dua komoditas ini permintaan dari pasar asing mulai meningkat.

"Sudah ada perjanjian kerja sama yang harus mereka penuhi, sehingga jika pengiriman terlambat mereka akan terkena denda dari pihak yang menerima produk tersebut," katanya. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: