Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menanti BPS Umumkan Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) siang ini akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2016. Dijadwalkan, pengumuman tersebut akan diselenggarakan pada pukul 11.00 WIB di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Selain mengumumkan pertumbuhan ekonomi nasional, BPS juga akan mengumumkan Indeks Tendensi Bisnis dan Indeks Tendensi Konsumen Triwulan I-2016 serta keadaan Ketenagakerjaan Februari 2016. Angka-angka tersebut akan diumumkan oleh Kepala BPS Suryamin.

Sebelumnya, pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi pada triwulan l-2016 berkisar antara 5,1% hingga 5,2%. Jika terealisasi, capaian itu akan lebih baik dibandingkan pertumbuhan pada kuartal IV-2015 yang sebesar 5,04%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah sebetulnya berharap laju pertumbuhan ekonomi bisa lebih cepat pada tiga bulan pertama tahun ini, namun pergeseran musim panen padi dari bulan Maret-April menjadi April-Mei menjadi salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi tidak sekencang yang diharapkan.

"Itulah yang membuat pertumbuhan ekonomi kuartal per kuartal tidak sebagus dari yang dibayangkan," kata Darmin.

Kendati demikian, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu menuturkan sumber pendorong pertumbuhan yang lainnya, terutama belanja modal pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, berkontribusi mendorong laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: