Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank DKI Gandeng Taman Marga Satwa Ragunan Luncurkan 'JakCard'

Warta Ekonomi -
WE Online, Jakarta - Menjelang liburan panjang long week end, Taman Marga Satwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan bekerja sama dengan Bank DKI untuk terus mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal cashless society.
 
Untuk itu, Bank DKI meresmikan pembayaran tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dengan menggunakan JakCard Bank DKI (e-ticketing).

Peresmian tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, dan disaksikan Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, dan Kepala Kantor Pengelola TMR Bambang Triana, di Jakarta, Rabu (4/5/2016).
 
Dia mengatakan dengan adanya program e-ticketing tersebut diharapkan mempermudah masuknya para pengunjung. 

"Pengelola juga akan lebih efisien dalam mengelola pemasukan dari tiket. Bukan hanya sebatas tiket masuk, pengunjung juga nantinya dapat melakukan pembayaran seluruh transaksi dengan merchant yang ada di TMR dengan menggunakan JakCard," kata Kresno.

Ia menambahkan, implementasi JakCard telah diujicobakan kepada para pengunjung sejak 17 Februari 2016. "Hasil uji coba cukup baik," tutur Kresno.

Menurutnya, jumlah kartu JakCard telah terjual sebanyak 39.437 kartu dengan nilai transaksi mencapai Rp 607,46 juta. Sebagai gambaran, pengunjung TMR mencapai 5,2 juta per tahunnya.

Bambang Triana menyebut, cita-cita mewujudkan TMR menjadi kebun binatang berkelas internasional di antaranya adalah dengan melakukan langkah modernisasi sistem e-ticketing dan aplikasi Ragunan Zoo di TMR.

"Diluncurkannya e-ticketing dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam melakukan transaksi di TMR, kata Bambang.

Sementara itu Kresno menambahkan, selain TMR, Bank DKI juga berencana agar JakCard bisa dipakai untuk tiket masuk museum-museum yang ada di Jakarta, dan juga fasilitas olah raga di Jakarta.

Per Maret 2016, jumlah kartu JakCard beredar sebanyak 675.489 kartu dengan jumlah rata-rata transaksi per bulan lebih dari 300 ribu transaksi, dan nilai rata-rata transaksi mencapai Rp 1,03 milyar per bulan. Selain di TMR, JakCard juga bisa dipergunakan di Busway, dan untuk e-Parking yang berada di Jalan Palatehan, Boulevard Kelapa Gading, dan Sabang Jakarta Pusat. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: