Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Koordinasi Dengan Kadin Terkait Sensus Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) terkait pelaksanaan sensus ekonomi 2016.

"Kami sudah bertemu dengan Ketua Kadin Jateng untuk selanjutnya berkoordinasi terkait kesiapan para pengusaha untuk ikut terlibat dalam kesuksesan sensus ekonomi ini," kata Kepala BPS Jawa Tengah Margo Yuwono di Semarang, Rabu (4/5/2016).

Menurut dia, Kadin sudah mengimbau kepada seluruh pelaku usaha agar mau memberikan data dan informasi yang sebenarnya kepada petugas sensus yang ada di lapangan.

"Dalam hal ini kami juga menjamin data-data dari para petugas tersebut tidak akan dipublikasikan ke masyarakat luas karena ini sudah dijamin oleh undang-undang," katanya.

Menurut dia, pada pelaksanaan sensus ini para petugas menyisir satu per satu bangunan rumah maupun tempat usaha. Untuk penyisiran yang dilakukan di rumah, petugas akan menanyai satu per satu mulai dari kepala keluarga hingga anggota keluarga apakah memiliki usaha atau tidak.

"Dengan pendekatan seperti ini semua jenis usaha akan tertangkap dan didata oleh para petugas," katanya.

Untuk diketahui, data usaha pada sensus ekonomi ini tidak berhubungan dengan pajak sehingga para pengusaha tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.

Sebelumnya, sensus ekonomi sudah dimulai sejak awal bulan ini tepatnya hari Minggu (1/5). Pada pelaksanaan sensus ekonomi yang pertama tersebut, BPS mengutamakan pejabat dan pengusaha.

"Untuk sensus ekonomi perdana kemarin memang kami dahulukan untuk pejabat daerah dan pengusaha besar, tujuannya agar mereka mampu memberikan dorongan kepada masyarakat agar mau disensus," katanya.

Menurut dia, diharapkan muncul keinginan pada masyarakat untuk terbuka saat dilakukan pendataan, seperti halnya yang sudah dilakukan oleh para pejabat pemerintahan. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: