Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Google dan Fiat Chrysler Umumkan Kesepakatan Mobil 'Driverless'

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Google dan Fiat Chrysler secara resmi mengumumkan bahwa mereka bekerja sama untuk membangun 100 unit Pacifica minivan dengan plug-in hybrid drivetrains. Ini akan menjadi bagian dari armada otonom Google.

Perusahaan menggambarkan kesepakatan itu sebagai kemitraan paling canggih untuk saat ini antara Silicon Valley dan produsen mobil tradisional. Google ingin menambahkan lebih banyak armada mobilnya untuk meningkatkan uji coba mobil driverless di jalanan.

Saat ini, armada Google meliputi Lexus RX crossover dan prototipe Google sendiri. Dengan hadirnya Pacifica, ini berarti Google telah memiliki tiga kendaraan self driving, yang diharapkan akan di uji pada akhir tahun ini. Nantinya, Pacifica akan memiliki konstum modifikasi yang dibuat oleh FCA, yang kemudian akan diserahkan kepada Google untuk menginstal hardware otonom dan software.

CEO Fiat sebelumnya telah meningkatkan perhatian mengenai dampak industri teknologi pada pembuat mobil.

"Kesempatan untuk bekerja sama dengan insinyur [Fiat] akan mempercepat upaya kami untuk mengembangkan mobil driverless yang akan membuat jalan kita lebih aman," kata John Krafcik, kepala Google mobil self-driving, seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Kamis (5/5/2016).

Google telah mengatakan bahwa mereka yakin mobil driverless akan siap untuk dijual pada tahun 2020.

Pengumuman kesepakatan kerjasama datang seminggu setelah Astro Teller, kepala 'Moon Shots' Google, mengatakan bahwa proyek mobil driverless akan segera pindah dari divisi Google X yang berfokus pada inovasi dan proyek futuristik.

Google akan memiliki mobil Fiat, namun kedua perusahaan tersebut bebas untuk bekerja dengan perusahaan lain untuk mengembangkan teknologi driverless.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: