Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menlu: Pertemuan Trilateral Hasilkan Empat Kesepakatan Bersama

Warta Ekonomi -

WE Online, Yogyakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan pertemuan trilateral yang dilaksanakan di Yogyakarta, Kamis, menghasilkan empat pokok pembahasan yang disepakati Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

"Pertemuan pada hari ini (Kamis) menghasilkan deklarasi bersama yang intinya ada empat hal," katanya di Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (5/5/2016).

Menurut Menlu, tiga anggota ASEAN ini akan melakukan patroli laut secara terkoordinasi untuk bersama-sama menjaga keamanan kawasan.

Kemudian, lanjutnya, semua negara yang berpartisipasi dalam pertemuan itu sepakat untuk memberikan bantuan ketika melihat kapal dalam keadaan terancam atau memerlukan pertolongan.

Selanjutnya, saling bertukar informasi menjadi kesepahaman bersama yang nantinya akan diberikan kepada para intelijen negara guna menanggapi situasi darurat.

Indonesia, Filipina, dan Malaysia segera merancang saluran komunikasi khusus yang ditujukan untuk mempercepat komunikasi saat ada kondisi yang mengancam.

Selain Menlu RI, pertemuan trilateral ini dihadiri Menlu Malaysia Sri Anifah Haji Aman, Menlu Filipina Jose Rene Almendras, serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan pejabat militer dua negara lainnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: